Kompas TV nasional politik

Retno Marsudi Sebut Menlu China Wang Yi Bertemu Jokowi, Prabowo, dan Luhut

Kompas.tv - 18 April 2024, 12:21 WIB
retno-marsudi-sebut-menlu-china-wang-yi-bertemu-jokowi-prabowo-dan-luhut
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi saat memberikan pernyataan di sidang Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda, Jumat (23/2/2024). (Sumber: YouTube Associated Press)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebut selain kunjungi Presiden Joko Widodo, Menlu China Wang Yi juga akam bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/4/2024).

“Menteri Luar Negeri RRT Wang Yi baru saja melakukam kunjungan kehormatan kepada Bapak Presiden dan tadi pagi sudah melakukan pertemuan bilateral dengan saya,” ucap Retno.

“Setelah dengan Bapak Presiden beliau akan bertemu dengan Menteri Pertahanan,” kata Retno.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Menlu China Wang Yi, Bahas Kerja Sama Ekonomi hingga Situasi di Timur Tengah

Kemudian, lanjut Retno, keesokannya Menlu China Wang Yi akan melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Labuan Bajo.

“Besok pagi akan melakukan pertemuan High Level Dialogue on the Cooperation Mechanism atau disebut HDCM di Labuan Bajo dari pihak Indonesia akan di-co chair oleh Pak Menko Marves dan saya, sementara dari pihak RRT adalah Menteri Luar Negeri Wang Yi,” kata Retno.

Menurut Retno, pertemuan antara Menko Luhut dan Menlu Wang Yi di Labuan Bajo akan membahas perihal masalah ekonomi. Satu di antaranya adalah mengenai kereta cepat.


“Sorry untuk ekonomi, tadi saya sampaikan untuk ekonomi termasuk masalah kereta cepat dan sebagainya besok baru akan dibahas di Labuan Bajo. Tadi saya sampaikan di forum HDCM Pak Menko Marves, saya dan dari RRT akan diketuai oleh Menlu Wang,” ujar Retno.

Baca Juga: Indikator Politik Sebut Elektoral Ridwan Kamil Tertinggi di Pilkada DKI, Selisih Tak Jauh Sama Anies

Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah bertemu dengan Menlu China Wang Yi dan menitikberatkan pertemuan pada 3 hal. Pertama soal pentingnya Indonesia dan China meningkatkan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan. Lalu kedua, perihal ketahanan pangan dan ketiga tentang situasi yang terjadi di Timur Tengah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x