Kompas TV nasional politik

Enggan Bahas Pilkada DKI Jakarta, Anies Tegaskan Mau Tuntaskan Sengketa Pilpres di MK

Kompas.tv - 16 April 2024, 23:45 WIB
enggan-bahas-pilkada-dki-jakarta-anies-tegaskan-mau-tuntaskan-sengketa-pilpres-di-mk
Capres Anies Baswedan bersama Cawapres Muhaimin Iskandar mengelar halalbihalal di kediaman Anies di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2024). (Sumber: KOMPAS TV/IKSAN APRIANSYAH)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan angkat bicara terkait rencana Partai NasDem yang ingin mengajukan dirinya sebagai calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada serentak 2024. 

Anies menegaskan dirinya masih fokus dalam permohonan gugatan sengketa pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Ia tidak berpikir lain hal, terkecuali menunggu putusan final dari MK. 

"Kita sekarang kita lagi menunggu MK, jadi kita semua fokusnya di situ," ujar Anies saat ditemui di kediamannya, Selasa (16/4/2024) malam, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Ia menambahkan hingga saat ini dirinya belum terpikirkan untuk maju di Pilkada DKI Jakarta, sebab masih ada amanat yang harus diselesaikan dalam Pilpres 2024 dan memastikan proses perkara perselisihan hasil pemilu di MK berjalan dengan baik.

Anies pun berharap para hakim konstitusi bisa menjalankan tugas dengan adil, imparsil dan menjunjung tinggi nilai kejujuran dan keadilan dalam memutus sengketa Pilpres 2024. 

Baca Juga: Kumpulan Momen Anies, Prabowo, Ganjar di Lebaran Hari Pertama

"Semua fokusnya di situ, maka kita tuntaskan proses ini sampai akhir," ujar Anies. 

Sebelumya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sudah membuka komunikasi dengan Anies mengenai peluang di Pilkada DKI Jakarta. 

Hal itu diungkap Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. Willy menjelaskan komunikasi dilakukan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Surya Paloh berdiskusi dengan Anies Baswedan mengenai kemungkinan mantan gubernur DKI Jakarta itu maju kembali di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Menurut Willy, perbincangan tersebut dilakukan pada 18 Maret 2024. Kala itu, Surya memberi ruang dan kesempatan kepada Anies maju sebagai gubernur di Pilkada DKI. 

Baca Juga: NasDem: Surya Paloh sudah Komunikasi ke Anies untuk Pencalonan Gubernur di Pilkada DKI Jakarta

Willy menambahkan, Anies mengapresiasi dukungan NasDem untuk maju di Pilkada DKI.

Namun saat itu Anies memilih untuk mempertimbangkannya setelah proses sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi selesai. 

"Ya Pak Anies menjawabkan, saya akan menyelesaikan proses MK," ujar Willy di NasDem Tower, Senin (15/4) kemarin.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x