Kompas TV nasional peristiwa

Menteri PUPR: Pembangunan Rumah Jabatan Menteri di IKN Sudah 80 Persen, Target Juli 2024 Selesai

Kompas.tv - 16 April 2024, 11:48 WIB
menteri-pupr-pembangunan-rumah-jabatan-menteri-di-ikn-sudah-80-persen-target-juli-2024-selesai
Maket Istana Negara dan Kantor Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menyatakan, Istana Negara dan Hotel Nusantara akan siap digunakan pada upacara kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024. (Sumber: Antara )
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebut pembangunan rumah tapak jabatan menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur sudah mencapai 80 persen.

Tiap rumah menteri di IKN memiliki luas no tanah sekitar 1.000 meter persegi dengan luas bangunan sekitar 500 meter persegi, dan terdiri atas dua lantai.

Demikian Basuki Hadimuljono menyampaikan perkembangan Pembangunan IKN  sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (16/4/2024).

“Progres pembangunan rumah tapak jabatan menteri di IKN saat ini mencapai sekitar 80 persen,” kata Basuki.

Dari total 36 rumah jabatan menteri, kata Basuki, ada empat unit yang sudah selesai dikerjakan. Sementara sisanya saat ini masuk dalam tahap akhir atau pengerjaan finishing dan ditargetkan Juli 2024 selesai.

Baca Juga: Polres Jakpus Kerahkan 3.315 Personel Amankan Aksi Demo di Depan Gedung MK Hari Ini

“Pembangunan seluruh unit rumah tapak jabatan menteri di IKN ditargetkan selesai pada Juli tahun ini,” ucap Basuki.

Selain rumah jabatan menteri, Basuki menuturkan pembangunan untuk 12 tower hunian ASN di IKN, sebanyak 9 tower sudah topping off sebelum libur Lebaran.

“Dari 47 tower hunian ASN tersebut, pada Juli Insyaallah sebanyak 12 tower hunian sudah selesai,” ujar Basuki.

Namun terkait furnitur untuk hunian ASN di IKN, Basuki mengaku menahannya terlebih dulu. Sebab, hunian-hunian yang diperuntukan bagi ASN rencananya akan digunakan terlebih dahulu sebagai akomodasi bagi petugas upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus tahun ini.

“Kalau furniturnya saya tahan dulu karena untuk petugas-petugas (upacara HUT RI) dulu. Furnitur yang disiapkan paling tempat tidur dan meja makan mungkin, sedangkan furnitur-furnitur lainnya saya tahan dulu,” jelas Basuki.

Baca Juga: PT KAI Beri Diskon 20 Persen untuk Tiket Kereta Keberangkatan 15-21 April 2024

“Nanti kalau sudah selesai upacara HUT RI, semua furnitur akan dimasukkan. Tapi semua sudah dibelanjakan.”

Sebagai informasi, Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR mengatakan bahwa rumah jabatan menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah sesuai dengan konsep compact city.


 

Rumah dengan konsep compact city umumnya menekankan pada perencanaan lingkungan tempat tinggal yang terintegrasi dengan beberapa prinsip, seperti efisiensi lahan, aksesibilitas, dan gaya hidup berkelanjutan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x