Kompas TV nasional peristiwa

Arus Balik Lebaran 2024, Jasa Marga Prakirakan 907 Ribu Kendaraan Belum Kembali ke Jabotabek

Kompas.tv - 15 April 2024, 23:17 WIB
arus-balik-lebaran-2024-jasa-marga-prakirakan-907-ribu-kendaraan-belum-kembali-ke-jabotabek
Ilustrasi kemacetan saat arus balik Lebaran. Jasa Marga memprakirakan sebanyak 907 ribu kendaraan belum kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) pada puncak arus balik Lebaran 2024 yang diprediksi terjadi pada Senin (15/4/2024) malam. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprakirakan sebanyak 907 ribu kendaraan belum kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) pada puncak arus balik Lebaran 2024 yang diprediksi terjadi pada Senin (15/4/2024) malam.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero), Subakti Syukur menjelaskan, volume lalu lintas kembali ke Jakarta pada periode Lebaran H1 sampai H+3 Lebaran 2024 (10-14 April 2024) mencapai 961 ribu kendaraan, melalui 4 Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, dan GT Cikupa.

Jumlah itu, kata dia, merupakan 52 persen dari total prediksi 1,87 juta kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada periode H1 sampai H+7 Lebaran (10-18 April 2024).

“Kami perkirakan masih sekitar 907 ribu kendaraan akan kembali ke Jabotabek atau masih sekitar 48% pemudik yang belum kembali ke Jabotabek," kata Subakti dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Untuk itu, pihaknya terus bersiaga, terutama pada titik krusial KM 66 Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta yang merupakan pertemuan lalu lintas dari arah Trans Jawa dan Bandung.

"Salah satunya dengan mendukung rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian, menambah lajur transaksi di gerbang tol, pengalihan lalu lintas menuju jalur fungsional Japek II Selatan hingga menyiapkan sarana di lajur contraflow,” ujarnya.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Malam Ini, Kapolri Imbau Agar Manfaatkan WFH dan Tunda Kepulangan

Subakti menambahkan, untuk mengantisipasi kepadatan di GT Cikatama arah Jakarta pihaknya telah memaksimalkan seluruh lajur transaksi hingga 35 lajur dengan penyiagaan 28 mobile reader dan petugas bantu transaksi.

Jasa Marga, lanjut dia, juga akan terus berkolaborasi dengan para stakeholder terkait seperti Korlantas, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN dan Badan Usaha Jalan Tol lainnya, untuk mewujudkan perjalanan arus balik yang lancar, aman dan nyaman.

Dalam kesempatan itu, Jasa Marga turut mengimbau masyarakat untuk memastikan kesiapan perjalanan.

Di antaranya seperti memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik.

Jasa Marga juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol.

"Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan yang lain," tegasnya.

Baca Juga: Kaporli Minta Anggota Siap Siaga, Diprediksi Puncak Arus Balik Terjadi Malam Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x