Kompas TV nasional peristiwa

Muhadjir Imbau Warga Berpikir Ulang Ikut Keluarga Merantau ke Kota, Singgung Keterampilan

Kompas.tv - 15 April 2024, 19:50 WIB
muhadjir-imbau-warga-berpikir-ulang-ikut-keluarga-merantau-ke-kota-singgung-keterampilan
Foto Arsip. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat di daerah untuk berpikir ulang jika ingin mengikuti keluarganya merantau ke kota-kota besar, termasuk DKI Jakarta saat balik Lebaran 2024 ini.(Sumber: KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat di daerah untuk berpikir ulang jika ingin mengikuti keluarganya merantau ke kota-kota besar, termasuk DKI Jakarta saat balik Lebaran 2024 ini.

Hal ini disampaikan Muhadjir di Km 70 Tol Jakarta Cikampek, Jawa Barat, Senin (15/4/2024).

"Kalau saya boleh atau diizinkan mengimbau hendaknya berpikir satu, dua kali, sebelum memutuskan untuk ikut mereka yang akan balik, biasanya ikut keluarga ke tujuan terutama di wilayah yang di situ memang ada semacam harapan mendapat pekerjaan tetap di situ, tetapi juga persaingan sangat ketat," kata Muhadjir.

Ia pun mengatakan, sangat menghormati keputusan mereka yang ingin mendapatkan mata pencaharian layak di kota.

"Kita sangat menghormati, siapapun memiliki hak untuk mendapatkan mata pencaharian yang layak, dan tentu juga masing-masing pemerintah daerah yang menjadi tujuan mereka yang pindah itu, sudah disiapkan dengan baik," ujarmya.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Malam Ini, Kapolri Imbau Agar Manfaatkan WFH dan Tunda Kepulangan

Meski demikian, Muhadjir mengingatkan, mencari kerja di kota tanpa memiliki keterampilan dan kecakapan yang dibutuhkan di dunia kerja bukanlah solusi yang tepat.

"Angka pengangguran kita memang juga cukup tinggi, yaitu hampir sekitar 6% dari angkatan kerja yang ada," ucapnya. 

"Dan tentu saja ketika datang juga belum tentu membawa keterampilan, kecakapan, yang dibutuhkan di dunia kerja," imbuhnya.

Sebab itu, ia pun mengimbau mereka yang di daerah untuk tetap bertahan mencari peluang di daerah. Ia juga mengimbau untuk bekerja secara kreatif.

"Sekarang peluangnya masih sangat banyak, daerah-daerah juga sudah mulai terbuka sekarang ini, dengan lapangan pekerjaan yang tersedia," tegasnya.

Baca Juga: Stasiun Pasar Senen Ramai Kedatangan Pemudik yang Kembali Merantau ke Jakarta



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x