Kompas TV nasional peristiwa

Info Arus Balik Hari Ini: Sistem Satu Arah Diberlakukan, Kendaraan di Jalur Pantura Meningkat

Kompas.tv - 14 April 2024, 16:57 WIB
info-arus-balik-hari-ini-sistem-satu-arah-diberlakukan-kendaraan-di-jalur-pantura-meningkat
Ilustrasi. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

PEMALANG, KOMPAS.TV - Pihak polisi menyebut terjadi peningkatan volume kendaraan di jalan arteri nasional Pantura pasca-pemberlakuan sistem satu arah dari GT Kalikangkung menuju GT Cipali pada hari ini, Minggu (14/4/2024).

Ipda Widodo, Kepala Pos Terpadu Gandulan Pemalang mengatakan, meskipun lalu lintas menjadi padat, namun masih dapat terkendali dengan baik.

Widodo menjelaskan bahwa sejak pemberlakuan sistem satu arah, terjadi penumpukan kendaraan sejak malam sebelumnya. Namun, situasinya tetap terkendali dan tidak terlalu mengganggu.

Pihak kepolisian lalu lintas pun berusaha keras untuk mengurai kemacetan di titik-titik rawan seperti persimpangan Gandulan dan gerbang tol Gandulan.

"Memang lalu lintas padat, tetapi masih terkendali," kata Widodo di Pemalang, Minggu.

Baca Juga: Pria Tewas di "Freezer" Mobil Es Krim di Jalan Sudirman, Polisi sebut Korban Terjebak

"Banyak kendaraan yang mau ke Semarang masuk ke tol karena tidak membaca marka yang dibuat. Mereka masuk dan terpaksa keluar lagi ke jalan arteri," kata dia dikutip dari Antara.

"Kami mengamati banyak kendaraan yang seharusnya melanjutkan perjalanan ke Semarang tapi masuk tol karena kurang memperhatikan marka jalan. Ini membuat mereka terpaksa keluar kembali ke jalur arteri," paparnya.

Situasi saat ini menunjukkan bahwa arus kendaraan dari Jakarta menuju Semarang mulai terasa padat di jalan arteri nasional Pantura dari Semarang hingga ke Pemalang.

Namun, berbeda dengan arah sebaliknya, yaitu dari Semarang menuju Pemalang dan Brebes, situasinya tidak begitu padat dan arus lalu lintas berjalan dengan lancar.

Pemerintah secara resmi menerapkan sistem satu arah di tol Trans Jawa dari GT Kalikangkung Jawa Tengah menuju GT Cipali mulai pukul 15.00 WIB pada H+3 Lebaran, dengan tujuan untuk meredakan arus balik.

"Kami resmi menerapkan sistem one way," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Semarang, Sabtu.

Ia menegaskan bahwa sistem satu arah kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilakukan secara serentak. Kali ini, di beberapa gerbang tol sudah diterapkan sistem satu arah.

Baca Juga: Libur Lebaran di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Lonjakan Penumpang Diprediksi Terjadi Hari Minggu ini



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA


Opini

Ironi Stadion Olimpiade Berlin

13 Juli 2024, 15:05 WIB

Close Ads x