Kompas TV nasional humaniora

Hindari Kepadatan di Merak, Kemenhub Siapkan Kapal Rute Pelabuhan Panjang-Ciwandan

Kompas.tv - 13 April 2024, 15:05 WIB
hindari-kepadatan-di-merak-kemenhub-siapkan-kapal-rute-pelabuhan-panjang-ciwandan
Foto ilustrasi: PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau calon penumpang kapal untuk datang ke pelabuhan sesuai jadwal keberangkatan yang tertera dalam tiket. Hal itu untuk kapal mencegah kemacetan di pelabuhan. (Sumber: ASDP)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan tiga kapal negara dan swasta dengan rute Pelabuhan Panjang-Ciwandan pada 12-18 April 2024. Penambahan itu untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak saat arus balik Lebaran 2024. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemaksimalan pelabuhan alternatif tidak hanya bertujuan untuk mengurai kepadatan di Merak, tetapi juga memberi manfaat bagi pemudik agar dapat beristirahat lebih panjang karena waktu tempuh menuju Kota Bandar Lampung terpangkas hingga 1 jam.

Ketiga kapal tersebut masing-masing berangkat pada pukul 12.00, 14.00, serta 16.00 WIB.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tanggapi soal Kemacetan di Tol Menuju Pelabuhan Merak

“Kami maksimalkan Pelabuhan Panjang di Tanjung Karang, Lampung. Karena, jika ke Panjang maka menghemat hampir 1 jam perjalanan bagi yang ingin ke Ibu Kota Lampung. Ini sangat positif," kata Budi Karya dalam keterangannya, Sabtu (13/4/2024). 

Budi Karya menjelaskan, armada yang disiapkan adalah KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina dan KMP Amadea.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini dengan tertib dan mematuhi aturan yang berlaku. Tujuannya untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan masyarakat selama masa arus balik Lebaran dari Sumatera ke Jawa,” kata Menhub.

Ia mengingatkan, kapal tersebut diperuntukkan bagi kendaraan sepeda motor dan mobil kecil. Sedangkan selama arus balik, truk 3 sumbu tidak diperbolehkan untuk sementara.

Seperti diketahui, pada arus mudik lalu pengemudi mengeluhkan sistem antrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, karena mengaku harus menghabiskan waktu hingga lima jam untuk dapat naik ke atas kapal.

Hal itu dilaporkan jurnalis Kompas TV, Valentina Sitorus, yang berada di Pelabuhan Merak, Senin (8/4/2024) malam.

Dari pantauannya di lokasi, sejumlah mobil seharusnya sudah menuju ke ‘kolam penampungan’ yang paling dekat dengan kapal yang akan mengangkut mereka.

Baca Juga: Tak Kunjung Masuk ke Kapal, Pemudik Protes di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak

Namun mereka belum bisa menuju tempat penampungan dan tertahan di lokasi tersebut. Penyebabnya karena sejumlah pengemudi meninggalkan mobil di area parkir pelabuhan eksekutif lantaran terlalu lama menunggu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x