Kompas TV nasional politik

Di Dalam atau Luar Pemerintahan? Politkus PDIP Sebut Ditentukan Kongres

Kompas.tv - 12 April 2024, 16:35 WIB
di-dalam-atau-luar-pemerintahan-politkus-pdip-sebut-ditentukan-kongres
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di kampanye akbar Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terkait pemerintahan ke depan, yakni berada di dalam atau di luar pemeritahan hanya bisa ditentukan melalui mekanisme kongres.

Penjelasan itu disampaikan oleh Politikus PDI-P Aryo Seno Bagaskoro kepada Kompas.com, Jumat (12/4/2024).

Menurutnya, hingga kini partainya belum memutuskan sikap apa yang diambil terhadap pemerintahan ke depan.

"Soal posisi di dalam atau di luar pemerintahan, PDI Perjuangan mengenal mekanisme Kongres dalam menentukan sikap-sikap strategis Partai," kata Seno.

Baca Juga: Beda Respons Ganjar dan Anies Terkait Gibran Mau Silaturahmi Lebaran

Oleh sebab itu, kata Seno, jika Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto melakukan pertemuan, tak harus menghasilkan keputusan politik soal sikap PDI-P.

"Jadi apabila nanti ada pertemuan dengan Pak Prabowo, tidak serta merta harus bermuara pada satu keputusan politik tertentu," ungkap dia.

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud ini lantas meminta semua pihak menunggu berbagai dinamika yang bakal berjalan setelah ini.

Dinamika politik tersebut, kata dia, bakal terus berjalan. PDI-P pun menghormati dinamika saat ini, yakni tahapan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jadi dinamika itu tentu berjalan, bersamaan dengan kami hari ini juga menghormati jalannya persidangan PHPU di MK," ungkap dia.

Sebelumnya, rencana pertemuan antara Megawati dan Prabowo semakin hangat diperbincangkan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman melempar sinyal akan mengajak PDI-P bergabung dalam koalisi pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ajakan kepada PDI-P untuk bergabung, kata dia, kemungkinan nantinya dibahas dalam pertemuan Prabowo dengan Ketua DPP PDI-P, Puan Maharani.

Baca Juga: Jawaban Berbeda Dasco dan Muhaimin Soal Komunikasi Gerindra dengan PKB

"Ya sepertinya kurang lebih (ajak PDIP bergabung)," kata Habiburokhman di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Namun Habiburokhman tak mengungkapkan kapan pertemuan Prabowo dan Puan akan digelar.


 



Sumber : kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x