Kompas TV nasional peristiwa

Evaluasi Contraflow, Korlantas Siapkan Petugas hingga Safety Car untuk Kawal Arus Balik Lebaran 2024

Kompas.tv - 12 April 2024, 12:40 WIB
evaluasi-contraflow-korlantas-siapkan-petugas-hingga-safety-car-untuk-kawal-arus-balik-lebaran-2024
Foto Rekayasa contraflow yang diterapkan petugas di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Minggu (1/1/2023). Korlantas Polri menyiapkan sejumlah kebijakan baru terkait contraflow arus balik Lebaran 2024 (Sumber: Antara/HO-Jasa Marga)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan akan melakukan perbaikan penerapan contraflow selama arus balik Lebaran 2024.

Diketahui, puncak arus balik Lebaran 2024 diperkirakan akan jatuh pada 13-14 April 2024. 

Terkait evaluasi penerapan contraflow, Irjen Aan menuturkan bahwa kebijakan tersebut sejatinya masih dibutuhkan, khususnya saat jumlah kendaraan sedang padat. 

Kesimpulan tersebut, kata dia, didapatkan setelah melakukan beberapa kali rapat, kajian, dan meminta pendapat ahli.

Baca Juga: 4.027 Kendaraan Langgar Ganjil Genap Arus Mudik Lebaran 2024, Siap-siap Dikirim Surat Tilang

Namun demikian, lanjut Aan, akan ada beberapa perbaikan dalam penerapan contraflow pada arus balik, terutama terkait keamanan dan keselamatan. 

Kebijakan yang pertama yaitu memberikan reflektor dari arah contra flow yang semula satu bagian kini ada dua bagian saat arus balik. Sedangkan untuk jarak traffic cone akan diperdekat jarak 10 meter.

“Ada beberapa perbaikan terutama terkait dengan safety dengan keselamatan kita akan memberikan reflektor nanti dari arah contra flow maupun dari arah yang jalur seharusnya kalau kemarin hanya satu bagian ya nanti akan kasih dua bagian,” kata Irjen Pol. Aan, Kamis (11/4/2024) dikutip dari humas.polri.go.id.

“Untuk jarak cone ke cone kalau kemarin 30 meter sekarang jadi 10 meter dan setiap 2,5 meter yang di rapatkan di setiap 2,5 menter untuk pembatasannya,” ujarnya.

Saat pemberlakuan contra flow, pihaknya akan menempatkan petugas di setiap median jalan, serta safety car yang nanti akan mengawal pemberlakuan rekayasa contra flow mulai dari KM 72 hingga KM 47 guna memelihara kecepatan pemudi maksimal hanya 60 km/jam.

Baca Juga: Jadwal Ganjil Genap, One Way, Contraflow Arus Balik Lebaran 2024, Mulai 12 April

“Kita juga akan menempatkan petugas di setiap median jalan dari jasa marga maupun dari kepolisian, kemudian kita juga akan menyiapkan safety car artinya nanti akan dikawal ya kalau kita mulai dari 72 – 47 setelah itu nanti akan dikawal kembali ini untuk memelihara kecepatan di contra flow yang maksimal hanya 60 km/jam,” ucapnya.

Kakorlantas menambahkan akan menyiapkan mobil bantuan seperti ambulans, derek dan lain-lain. 

Hal ini untuk mempercepat penanganan apabila terjadi kendala di jalan. Edukasi juga akan diberikan untuk pemudik yang akan melewati jalur rekayasa lalu lintas, salah satunya contraflow.

“Kemudian untuk kendaraan kendaraan penyelamatan terdiri dari derek sebagai ini akan diperbanyak di ruas ruas contraflow ini sehingga kecepatan untuk menangani gangguan maupun kecelakaan di contra flow ini akan lebih cepat lagi,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x