Kompas TV nasional peristiwa

Jalur Tol Solo-Yogyakarta Berfungsi Mulai Hari Ini, Simak Jadwal Buka Tutupnya

Kompas.tv - 12 April 2024, 08:43 WIB
jalur-tol-solo-yogyakarta-berfungsi-mulai-hari-ini-simak-jadwal-buka-tutupnya
Ilustrasi. Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) yang beroperasi dari Colomadu hingga Ngawen sepanjang 22 Km mulai difungsikan hari ini Jumat (12/4/2024). (Sumber: Jasa Marga )
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) yang beroperasi dari Colomadu hingga Ngawen sepanjang 22 Km mulai difungsikan hari ini Jumat (12/4/2024).

Menurut Marketing & Communication Department Head PT Jasa Marga Faiza Riani jalur fungsional Tol Jogja-Solo terhubung dengan Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali dan Jalan Nasional Jogja-Solo.

Baca Juga: Hari Pertama Idul Fitri Sistem Kelistrikan Nasional Andal

Pada periode arus balik, jalur fungsional Tol Jogja-Solo akan dibuka untuk satu arah dari Ngawen menuju Colomadu mulai 12 hingga 15 April 2024, pukul 06.00-17.00 WIB.

"Jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo akan dimulai dibuka untuk periode arus balik (satu arah dari Ngawen menuju Colomadu) mulai 12 hingga 15 April 2024, pukul 06.00-17.00 WIB," kata Faiza dalam rilisnya dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Aksi Mayor Teddy Kawal Prabowo saat Hadiri Acara Open House Dasco

Namun, jalur fungsional ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan golongan 1 non bus. Pengguna jalan diimbau untuk memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima serta mempersiapkan perlengkapan dan persediaan bahan bakar yang mencukupi.

Selain itu jalur fungsional lain yang akan dioperasikan secara situasional adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan.

Baca Juga: Politisi PDIP Ungkap Sikap Partainya soal Wacana Prabowo Bertemu Megawati

Jalur ini akan beroperasi dari Simpang Susun (SS) Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 Km sesuai dengan diskresi Kepolisian.

Tujuan pembukaan jalur fungsional Japek II Selatan ini adalah untuk mendukung distribusi lalu lintas pada arus balik, terutama bagi kendaraan yang berasal dari arah Bandung dan sekitarnya menuju wilayah Jabotabek melalui Jalan Tol Japek.

Baca Juga: Momen Menangis, Memeluk, Keluarga di Lapas saat Hari Lebaran

PT Jasa Marga juga mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan melalui jalan tol untuk memanfaatkan waktu dengan bijak dan tidak berlama-lama di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lain.

Selain itu, pengemudi diharapkan memastikan kecukupan bahan bakar minyak (BBM) dan saldo uang elektronik sebelum memulai perjalanan.

Baca Juga: Begini Respons Ganjar soal Gibran Ingin Bertemu di Momen Lebaran




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x