Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi dan Ma ruf Amin Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jemaah Diimbau Hadir Lebih Awal

Kompas.tv - 10 April 2024, 04:40 WIB
jokowi-dan-ma-ruf-amin-salat-idulfitri-di-masjid-istiqlal-jemaah-diimbau-hadir-lebih-awal
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap momentum Idulfitri 1445 Hijriyah ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan merajut kembali persaudaraan, Selasa (9/4/2024). Masyarakat yang ingin melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal Jakarta hari ini, Rabu (10/4) untuk datang lebih pagi. (Sumber: Tangkapan layar)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024) pagi ini.

Presiden Jokowi didampingi oleh Iriana Jokowi, sedangkan Wapres Ma’ruf Amin didampingi Wury Estu Handayani. Sejumlah pejabat juga dikabarkan akan hadir.

“Insyaallah akan dihadiri oleh Bapak Presiden bersama Ibu dan Bapak Wapres bersama Ibu dan pejabat negara yang lain,” kata Nasaruddin, Selasa (9/4).

Baca Juga: Catat, Berikut Daftar Lokasi Salat Idulfitri 1445 H Muhammadiyah di 5 Wilayah DKI Jakarta

Ia mengimbau kepada jemaah yang hendak menunaikan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal untuk hadir lebih awal. Hal ini untuk menghindari kemacetan yang mungkin terjadi di sekitar masjid.

"Sebab kalau terlambat, akses menuju Istiqlal itu biasanya macet," terangnya.

Nasaruddin mengatakan, momen salat Idulfitri pada tahun-tahun sebelumnya cukup ramai karena banyaknya jemaah yang hadir di Masjid Istiqlal.

"Orang sudah bubar masih ada yang belum sampai ke Istiqlal. Karena itu saya mohon kepada para jamaah yang pencinta Istiqlal ini datanglah lebih awal untuk takbir, mudah-mudahan insyaallah tentu berkahnya pahalanya akan lebih banyak," jelasnya, seperti dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Idulfitri, Jokowi Harap Jadi Ajang Silaturahmi dan Rajut Kembali Persaudaraan

Sebagai informasi, pemerintah melalui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menetapkan Hari Raya Idulfitri 1445 H jatuh pada hari ini, Rabu (10/4).

"Bahwa 1 Syawal Tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024 M," tutur Yaqut. 

Penetapan ini dilakukan berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Selasa malam.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x