Kompas TV nasional politik

Ridwan Kamil Berpeluang Besar Maju Pilgub Jabar 2024, Ketum Golkar: Belum Ada Nama Lain

Kompas.tv - 6 April 2024, 21:30 WIB
ridwan-kamil-berpeluang-besar-maju-pilgub-jabar-2024-ketum-golkar-belum-ada-nama-lain
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut berbicara saat ditanya soal Ponpes Al-Zaytun di sela-sela kunjungannya ke Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (4/7/2023). (Sumber: KompasTV/Michael Aryawan)
Penulis : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ridwan Kamil berpeluang besar maju kembali di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jawa Barat mendatang lewat Partai Golkar. 

Sinyal tersebut diungkapkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di acara pengarahan bakal calon kepala daerah dari Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

Pengarahan itu dihadiri seluruh kandidat bakal calon mereka di Pilkada 2024. Sebanyak 1.164 bakal calon kepala daerah hadir mulai dari tingkat kabupaten, kota, hingga provinsi.

Tokoh yang hadir seperti Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution; mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany; dan istri mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya.

Baca Juga: Golkar Gelar Pengarahan Bakal Calon Kepala Daerah, Bobby Nasution dan Istri Ridwan Kamil Hadir

Meski tidak hadir dalam pengarahan tersebut, Ridwal Kamil merupakan satu-satunya sosok yang menerima surat tugas maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil tidak hadir karena tugas di luar negeri.

Airlangga mengatakan Ridwan Kamil mendapatkan surat tugas untuk maju di Pilgub Daerah Khusus Jakarta (DKJ) dan Jawa Barat. 

Namun, pria yang biasa disapa Kang Emil itu menjadi kandidat tunggal untuk Pilkada Jawa Barat. "Belum ada nama lain (selain RK untuk Pilgub Jawa Barat)," ujar Airlangga dikutip dari Kompas.id.

Selain itu, Airlangga menyebut kans mantan gubernur Jabar itu cukup besar berdasarkan hasil survei terkini. 

”Di Jawa Barat, survei RK terkini (elektabilitasnya) di atas 50 persen,” kata Airlangga.

Sementara, di Pilgub DKJ, Emil harus bersaing dengan dua nama, yakni Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta sekaligus mantan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Erwin Aksa. 

Meski begitu, calon resminya masih harus menunggu hasil survei dan koalisi mendatang.

Istri Emil, Atalia, yang bakal maju di Pemilihan Wali Kota Bandung, mengaku belum tahu pilkada mana yang diincar oleh suaminya. Namun, sejauh ini masih mengerucut di dua daerah, DKJ dan Jawa Barat. ”Belum tahu, antara Jakarta atau Jawa Barat,” katanya.

Baca Juga: PKB Belum Bisa Pastikan Jadi Oposisi, Sebut Cak Imin dan Prabowo Akrab

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily mengaku dirinya beserta jajaran pengurus Golkar Jawa Barat mendukung Ridwan Kamil untuk maju kembali di Pilgub Jawa Barat. Namun, untuk hasil resminya perlu menunggu DPP Partai Golkar.


”Saya tak maju, untuk DPD Partai Golkar Jawa Barat mendorong Pak RK untuk Gubernur Jabar. Tapi, masih tergantung pada hasil survei nanti,” kata Ace.

Adapun tahapan Pilkada Serentak 2024 telah dimulai dengan pendaftaran pemantau pemilihan sejak Februari 2024 lalu. Sedangkan pemungutan suara dilakukan pada 27 November 2024.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x