Kompas TV nasional peristiwa

One Way Berlaku, Pemudik Diminta Siapkan Saldo Rp500 Ribu saat Melintasi Tol Cipali-Kalikangkung

Kompas.tv - 6 April 2024, 12:02 WIB
one-way-berlaku-pemudik-diminta-siapkan-saldo-rp500-ribu-saat-melintasi-tol-cipali-kalikangkung
Sejumlah kendaraan roda empat melaju di Jalan Tol Trans Jawa Ruas Semarang-Batang via Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (31/3/2024). (Sumber: ANTARA FOTO/Makna Zaezar)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Tbk Lisye Octaviana memberikan imbauan kepada pemudik yang melintas di Tol Cipali hingga Gerbang Tol Kalikangkung.

Imbauan tersebut adalah menyiapkan saldo elektronik minimal Rp500 ribu untuk golongan I. 

"Siapkan saldo e-toll minimal Rp500.000 (golongan I) untuk perjalanan dari Jakarta ke Semarang untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Kalikangkung," kata Lisye, Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga: Kondisi Terkini Arus Mudik di Tol Cikatama Terpantau Padat Pemudik

Lebih lanjut, Lisye juga meminta agar pemudik rutin memeriksa waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas yang dinamis dari pihak kepolisian.

Diketahui, rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Tol Cipali-Kalikangkung sudah diberlakukan sejak Jumat (5/4/2024) malam sekitar pukul 21.50 WIB.

One way ini diberlakukan di ruas Km 72 Tol Cipali sampai Km 414 Tol Kalikangkung. One way dijadwalkan berakhir pada Minggu (7/4/2024) pukul 24.00 WIB.

"One way arah Cirebon telah diberlakukan di Km 72 ruas tol Cipali hingga Km 414 ruas Semarang Batang," kata Ade Hidayat Petugas Astra Tol Cipali di lokasi, Jumat.

Lisye mengatakan bahwa kebijakan one way diberlakukan dengan mengacu Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kakorlantas Polri, dan Direktur Jenderal Bina Marga pada 5 Maret 2024.

"Pemberlakuan ini diputuskan dengan terlebih dahulu memastikan lajur sebaliknya (arah barat) telah steril, sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah barat Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang sampai dengan Cikampek," tutur Lisye, seperti dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga: Rest Area Sepanjang Tol Cipali Penuh, Pemudik Makan Sahur di Bahu Jalan Gerbang Palimanan

One way diberlakukan setelah lajur dari arah barat steril sehingga tidak ada pengendara yang terjebak dalam perjalanan menuju arah barat Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang sampai Cikampek.

Pemberlakukan one way juga memperhatikan data volume lalulintas kendaraan dari arah Jakarta menuju arah Semarang.


 

 



Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x