Kompas TV nasional peristiwa

Ada Supermoon pada 9 April, BMKG Minta Masyarakat Waspada Banjir Rob saat Lebaran 2024

Kompas.tv - 2 April 2024, 17:33 WIB
ada-supermoon-pada-9-april-bmkg-minta-masyarakat-waspada-banjir-rob-saat-lebaran-2024
Ilustrasi pemandangan bulan purnama dari pantai. Ini daftar daerah pesisir yang berpotensi alami banjir rob akibat fenomena super blue moon 30-31 Agustus 2023 (Sumber: NASA)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan akan terjadi supermoon pada 9 April 2024, hanya satu hari sebelum Hari Raya Idulfitri atau Lebaran.

Supermoon tersebut berpotensi menyebabkan pasang air laut yang tinggi sehingga bisa terjadi banjir rob.

"Pasang surut yang sering mengakibatkan banjir rob, ini waspadai peluang pasang maksimum karena akan terjadi supermoon tanggal 9," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, saat rapat bersama Komisi V DPR RI, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta (2/4/2024) dikutip dari Tribunnews.

Dwikorita menjelaskan, supermoon terjadi ketika posisi bulan mendekati bumi, yang mengakibatkan gaya gravitasi yang lebih kuat dan menyebabkan pasang air mencapai level maksimum.

"Jadi posisi bulan yang terdekat dengan bumi sehingga gravitasinya terkuat apalagi tanggal 9 itu supermoon jadi dikuatkan dengan adanya purnama secara sempurna, utuh. Jadi diprediksi pasangnya maksimum," paparnya.

Dwikorita mengungkapkan, peluang terjadinya pasang air maksimum di Tanjung Priok akan terjadi pada 10 April 2024. Ketinggian air maksimum diprediksi mencapai 1 meter.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: 28 Wilayah Berpotensi Alami Hujan Lebat dan Angin Kencang pada 2-3 April 2024

"Di sini kita lihat di Tanjung Priok, perlu diwaspadai peluang pasang maksimum pada 10 April dengan nilai pasang maksimum 1 meter," ujarnya.

Selain itu, Dwikorita juga menyebutkan, di Banyuwangi pada tanggal tersebut pasang air maksimum diprediksi mencapai 2,56 meter.

Sementara itu, di Cilegon diprediksi mencapai 1,04 meter, dan di Tanjung Perak diprediksi mencapai 2,55 meter.

"Di Cilegon, Banten Tanggal 10 April pasangnya mencapai 1,04 meter dan di Tanjung Perak mencapai 2,55 meter," tambahnya.

Lebih dari itu, Dwikorita juga menyebut banjir rob saat periode lebaran diprediksi terjadi pada 1-13 April 2024 di sejumlah wilayah pesisir Indonesia.

"Dan adanya banjir rob pada periode lebaran terjadi Tanggal 1 hingga 13 April di beberapa wilayah pesisir di Indonesia baik di Banten, Jawa Tengah yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat," pungkasnya. 

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024: Helikopter Ambulans Diterjunkan, Ini Rest Area dan RS yang Bisa untuk Pendaratan




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x