Kompas TV nasional humaniora

Cek Update Harga BBM Terbaru 1 April 2024, Pertamina Sebut Tidak Ada Kenaikan Seri Pertamax dan Dex

Kompas.tv - 1 April 2024, 15:55 WIB
cek-update-harga-bbm-terbaru-1-april-2024-pertamina-sebut-tidak-ada-kenaikan-seri-pertamax-dan-dex
Ilustrasi. Update harga BBM terbaru untuk April 2024, Pertamina tegaskan khusus nonsubsidi yakni Pertamax Series dan Dex Series tak alami kenaikan harga. (Sumber: KOMPAS/PRIYOMBODO)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertamina (Persero) melalui perusahaan subholding-nya, PT Pertamina Patra Niaga, dengan tegas mengumumkan bahwa tidak akan ada kenaikan harga untuk bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi, seperti seri Pertamax dan Dex pada bulan April 2024.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan dari Jakarta pada hari ini Senin (1/4), Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menjelaskan keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan dengan seksama evaluasi harga serta kebutuhan masyarakat menjelang bulan Ramadan dan Idulfitri.

“Berdasarkan perhitungan evaluasi harga serta dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat pada Ramadan dan Idulfitri ini, maka manajemen memutuskan untuk tidak menaikkan harga di bulan April ini,” ujar Irto.

Baca Juga: Update Tanggal Merah, Cuti Bersama Libur Lebaran April dan Sisa Libur Tahun 2024

Atas dasar itu, Pertamina Patra Niaga yang bertanggung jawab dalam penyaluran dan penjualan BBM kepada masyarakat, menetapkan bahwa tidak akan ada perubahan harga jual pada BBM nonsubsidi atau yang lebih dikenal sebagai jenis bahan bakar umum (JBU) untuk bulan April ini.

Jenis BBM tersebut mencakup seri Pertamax yang meliputi Pertamax dan Pertamax Turbo, serta Dex Series yang terdiri dari Dexlite dan Pertamina Dex.

Irto Ginting juga menyatakan keputusan untuk tidak melakukan perubahan harga didasarkan pada berbagai pertimbangan, termasuk Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 mengenai formulasi harga JBU atau BBM.

Saat ini, harga Pertamax adalah Rp12.950 per liter, Pertamax Green 95 Rp13.900 per liter, Pertamax Turbo Rp14.400 per liter, Dexlite Rp14.550 per liter, dan Pertamina Dex Rp15.100 per liter.

Irto menegaskan harga-harga ini berlaku untuk wilayah Jawa dan wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen.

Selain itu, Irto menambahkan bahwa Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk memberikan harga BBM yang terjangkau dan kompetitif bagi masyarakat, serta memastikan distribusi BBM hingga ke pelosok negeri tetap berjalan dengan lancar.

“Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga menetapkan harga yang kompetitif bagi masyarakat sekaligus memastikan distribusi hingga pelosok negeri tetap dapat dilakukan dengan maksimal,” kata Irto dikutip dari Antara.

Baca Juga: Update Harga BBM Terbaru di SPBU Pertamina 1 April 2024: Pertalite, Pertamax, dan Solar


 

 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x