Kompas TV nasional politik

PDIP: Pertemuan Prabowo-Megawati Tidak Melulu soal Kursi di Pemerintahan, Bisa Saja Minta Masukan

Kompas.tv - 30 Maret 2024, 07:36 WIB
pdip-pertemuan-prabowo-megawati-tidak-melulu-soal-kursi-di-pemerintahan-bisa-saja-minta-masukan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan salam kepada Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri saat Prabowo akan meninggalkan kediaman Megawati yang berada di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7/2019). (Sumber: KOMPAS/RADITYA HELABUMI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politikus PDI Perjuangan Chico Hakim menilai pertemuan presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri tetap mungkin terjadi.

Menurutnya ada atau tidak PDI-P di pemerintahan Prabowo-Gibran jika dilantik pada Oktober 2024 nanti, Prabowo pastinya akan meminta masukan dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, sebagai pemimpin partai dengan suara tertinggi di Pileg 2024. 

Terlebih tidak ada persoalan yang menyelimuti hubungan Prabowo dengan Megawati. Di Pilpres 2009 Prabowo pernah menjadi wakil Megawati. 

"Pertemuan Bu Mega dengan Pak Prabowo tetap mungkin terjadi, karena hubungan keduanya sudah lama saling mengenal. Jadi hal-hal seperti ini bukan hal yang begitu mengejukan," ujar Chico di program Kompas Petang KOMPAS TV, Jumat (29/3/2024).

Chico menambahkan pertemuan Megawati dengan Prabowo tidak melulu dikaitkan dengan pemerintahan selanjutnya, bahwa dengan adanya pertemuan tersebut diartikan PDI-P sudah bergabung dengan Prabowo-Gibran dan akan berada di pemerintahan. 

Baca Juga: Demi Pemerintahan Stabil, Golkar Dukung Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Chico menjelaskan perlu diingat juga PDI-P merupakan partai dengan perolehan suara tertinggi di Pileg 2024, sehingga pemikiran, pandangan dan masukan dari Megawati dibutuhkan pemerintah selanjutnya.

"Ibu Mega sebagai pimpinan partai politik dengan suara uang paling banyak selama hasil Pileg kemarin, saya rasa juga sangat dibutuhkan untuk diajak konsultasi oleh Pak Prabowo," ujar Chico. 

Sebelumnya wacana pertemuan Prabowo dengan Megawati dilontarkan oleh Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. 

Ia menjelaskan DPP Partai Gerindra sedang mencocokkan jadwal agar pertemuan bisa segera dilaksanakan. Ia juga berharap agar pertemuan tersebut bisa terlaksana dalam waktu dekat. 

"Saya yakin, dalam waktu pendek ini kedua beliau bisa bertemu, karena semua pihak juga mengharapkan ketuanya bisa bertemu," ujar Muzani saat ditemui di Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2024).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x