Kompas TV nasional politik

Soal Sengketa Pilpres, Prabowo: Kita Menghormati Proses, Kita Tunggu Hasil Akhir MK

Kompas.tv - 30 Maret 2024, 08:00 WIB
soal-sengketa-pilpres-prabowo-kita-menghormati-proses-kita-tunggu-hasil-akhir-mk
Presiden terpilih Prabowo Subianto bersama wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) memberi keterangan di sela acara buka puasa bersama jajaran Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jumat (29/3/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden terpilih Prabowo Subianto menghormati proses gugatan perselisihan hasil pemilu yang sedang berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK).

Prabowo menjelaskan meski KPU sudah mengumumkan pemenang Pilpres 2024 yakni pasangan nomor urut 2, pihaknya menghormati langkah hukum yang diajukan pasangan capres dan cawapres lain.

Prabowo menilai gugatan perselisihan hasil pemilu di MK merupakan tantangan dalam sistem politik demokrasi di Tanah Air. 

"Kita menghormati proses yang sedang berjalankan, kita menunggu hasil akhir dari MK," ujar Prabowo, di acara buka puasa bersama jajaran pengurus Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jumat (29/3/2024). 

Prabowo berharap ke depan persatuan antar pemimpin dan elite politik bisa terwujud. 

Baca Juga: Sengketa Pilpres Terus Bergulir, Tim Hukum AMIN Minta 4 Menteri Jokowi Jadi Saksi di Sidang MK

Menurutnya dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara maju perlu kearifan dan kebijaksanaan para pemimpin dan elite politik dalam mengawal kemajuan negara. 

Terlebih tantangan ke depan juga tidak mudah. Ancaman krisis pangan dan ekonomi dunia, perang di Ukraina-Russia, konflik Palestina-Israel hingga stabilitas politik dan keamanan dalam negeri perlu disikapi bersama. 

Ia juga menilai setiap pemimpin memiliki landasan untuk dilanjutkan. Landasan tersebut pasti ada sisi kelebihan dan kekurangannya. 

Untuk itu dirinya bersama wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka berkomitmen melanjutkan program yang sudah dibuat oleh pemimpin sebelumnya, dan mengisi program yang belum sempurna, meningkatkan efisiensi pemerintahan, mengurangi kebocoran anggaran negara, memerangi korupsi. 

"Kita menyadari semua pemimpin adalah manusia dengan kelebihan dan kekurangannya. Kami pun Prabowo dan Gibran juga mengakui manusia biasa penuh kekurangan. Untuk itu kami sangat memerlukan dukungan, bantuan, masukan dan nasihat terus menerus," ujar Prabowo. 

Baca Juga: Bahlil Minta Sengketa Pilpres Segera Dibereskan Merespons Namanya Disebut dalam Sidang MK

"Kami membuka diri, kami ingin suatu suasana kepemimpinan yang rukun, kepemimpinan yang kolegial, kepemimpian terdiri oleh para sahabat, sehigga kita bisa terbuka saling menegur saling mengingatkan dan saling mendukung," ucapnya. 

Di akhir sambutanya Prabowo juga mengucapkan terima kasih kepada Golkar yang telah berjuang bersama memenangkan Pilpres 2024. 

Prabowo menyebut Golkar merupakan partai besar, dengan sejarahnya yang panjang Golkar bisa menjadi panutan dan contoh bagi partai lain, termasuk Partai Gerindra.  

"Saya selalu katakan kepada rekan-rekan di Gerindra, bagaimanapun kita harus belajar dari Partai Golkar. Ilmunya banyak. Makanya Lebih baik Golkar bersama kita daripada tidak ada Golkar bersama kita," ujar Prabowo.


 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x