Kompas TV nasional peristiwa

Mudik Lebaran 2024, Kemenhub Siapkan 33.369 Sarana Angkutan

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 23:05 WIB
mudik-lebaran-2024-kemenhub-siapkan-33-369-sarana-angkutan
Ilustrasi. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingatkan konsekuensi bagi pendaftar Program Mudik Gratis melalui bus yang tidak melakukan validasi ulang. Yaitu NIK calon pemudik secara otomatis akan diblok (banned). (Sumber: hubdat.dephub.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan sebanyak 33.369 sarana angkutan serta sejumlah terminal, pelabuhan dan bandara untuk melayani masyarakat selama arus mudik Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah di berbagai lintas moda transportasi.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi mengatakan, jumlah sarana angkutan tersebut disiapkan untuk melayani 193,6 juta penduduk Indonesia yang akan menjalani mudik lebaran.

“Sarana dan prasarana tersebut disiapkan untuk melayani 71,7 persen atau 193,6 juta penduduk Indonesia yang berkeinginan untuk mudik. Hal tersebut sesuai survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi,” kata Arif dalam Diskusi Publik Kesiapan Jelang Mudik Lebaran 2024 di Jakarta, Kamis (28/3/2024) dikutip dari Antara.

Antoni merinci jumlah sarana dan prasarana sebagai berikut: 30.780 unit bus dan 113 terminal; 213 unit kapal, 8 lintas, 16 pelabuhan, dan 50 dermaga; 420 unit pesawat, 51 bandar udara domestik, dan 16 bandar udara internasional; 26 kapal penumpang; 107 kapal perintis; 1.208 kapal swasta dan 264 pelabuhan, serta 615 kereta api antarkota per hari dan 192 stasiun.

“Kementerian Perhubungan bersama para operator transportasi telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana transportasi dalam menghadapi angkutan Lebaran 2024,” tuturnya.

Antoni menyatakan bahwa sinergi yang kuat antar kementerian dan lembaga, infrastruktur yang terbangun, dan kesiapan sarana serta prasarana telah membawa kegembiraan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran 2024, sebagaimana diwujudkan dalam slogan "Mudik Ceria Penuh Makna".

“Tahun ini pemerintah melalui tema ‘Mudik Ceria Penuh Makna’ berupaya memberikan keceriaan melalui penyelenggaraan arus mudik yang aman, lancar, dan selamat sehingga memberi makna mendalam bagi seluruh masyarakat,” ucap Antoni.

Baca Juga: Resmi, Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang di Jalur Mudik 2024

Kemenhub telah menyiapkan berbagai langkah persiapan dalam angkutan Lebaran tahun ini, antara lain dengan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga serta pemangku kepentingan lainnya untuk menyusun rencana penyiapan sarana prasarana, menguji kelaikoperasian sarana, dan menyusun kebijakan teknis dan operasional.

“Selanjutnya melakukan sosialisasi kebijakan, serta melakukan monitoring dan pembentukan posko bersama,” terang Antoni.


Dirjen Antoni berharap upaya yang telah dipersiapkan dapat didukung oleh masyarakat dengan melakukan mudik lebih awal menggunakan transportasi umum, sehingga kepadatan pada puncak arus mudik dapat terurai. 

Antoni juga mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal sebelum 5-8 April 2024, untuk menghindari kepadatan pada puncak arus mudik tersebut.

“Gunakan angkutan umum atau manfaatkan program mudik gratis yang disediakan Kementerian Perhubungan atau instansi lain. Hindari menggunakan sepeda motor karena sangat berbahaya,” pungkasnya.

Diskusi Publik Kesiapan Jelang Mudik Lebaran 2024 tersebut dihadiri sejumlah petinggi stakeholder di Indonesia seperti Direktur Lalu Lintas Jalan Perhubungan Darat Ahmad Yani, Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Raden Slamet Santoso, Direktur Utama Airnav Polanan B. Pramesti, Direktur Armada dan Teknik PT. Pelni Robert MP. Sinaga.

Selanjutnya hadir pula Direktur Pengelola PT. Pelindo Putut Sri Muljanto, Direktur Operasi PT. Jasa Marga Fitri Wiyanti, serta Direktur Layanan dan Niaga PT. Garuda Indonesia Ade R. Susardi.

Baca Juga: Mudik Gratis Polda Lampung, 250 Orang Terdaftar ke Jogja & Solo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x