Kompas TV nasional politik

Analisis Pengamat jika Cak Imin Bertarung Lawan Khofifah di Pilgub Jawa Timur

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 10:44 WIB
analisis-pengamat-jika-cak-imin-bertarung-lawan-khofifah-di-pilgub-jawa-timur
Muhaimin Iskandar saat wawancara doorstop usai berkunjung ke peternakan unggas di Blitar, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komaruddin menyampaikan analisisnya jika Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar maju di Pilkada Jawa Timur 2024.

Ujang berpendapat, jika Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, maju dan bertarung di Pilkada Jawa Timur, ia akan berhadapan dengan gubernur petahana, Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah yang juga merupakan juru kampanye Prabowo-Gibran di Jawa Timur, bakal jadi batu sandungan Cak Imin memenangkan kompetisi pilkada.

"Persoalannya tidak sesederhana yang dibayangkan, kenapa? Karena lawannya nanti bu Khofifah yang incumbent," kata Ujang kepada Tribunnews.com, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga: Ketua MK Yakinkan Tim Hukum Anies soal Nama Saksi Bocor

"Dan kita sama-sama tahu juga di pilpres Cak Imin bergabung dengan 01 itu juga kalah dengan Prabowo-Gibran, di mana ketua tim di Jawa Timur ada Khofifah," ucapnya.

Ia menambahkan, potensi kemenangan pada Pilgub Jawa Timur dapat dilihat dari persentase elektabilittas masing-masing kandidat.

"Cak Imin berapa elektabilitasnya untuk jadi calon gubernur, dan lawan politiknya berapa, kan akan kelihatan di situ," ujarnya.

Sebelulmnya, muncul aspirasi dari kader akar rumput yang mendorong Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, maju pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Timur 2024.

Bendahara DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur Fauzan Fuadi mengungkapkan, aspirasi itu meluas di kalangan internal PKB Jatim setelah isu itu muncul.

"Aspirasi dari internal setelah munculnya isu tersebut memang mulai meluas," kata Fauzan pada Tribunnews.com, Rabu (27/3/2024).

Menurutnya, dorongan agar Cak Imin maju di Pilgub Jawa Timur bukan hanya muncul di kalangan internal PKB, para elite parpol lain di Jatim juga menyuarakan hal yang sama.

"Yang menarik justru dorongan dari eksternal. Ada beberapa elite parpol di Jatim yang turut mewacanakan," ujarnya.

Baca Juga: Putusan MKMK: Hakim Arief Hidayat Tak Terbukti Lakukan Pelanggaran Etik

Namun demikian, DPW PKB Jatim akan mematuhi apa pun keputusan yang akan diambil oleh jajaran pengurus pusat.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PKB Syaiful Huda mengaku belum mengetahui isu itu.

"Enggak, enggak ada (pembahasan Cak Imin maju pilgub Jatim)," kata Huda.



Sumber : tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x