Kompas TV nasional politik

Anies Pilih Fokus di MK, Belum Tertarik Bertemu atau Bergabung dengan Prabowo-Gibran

Kompas.tv - 23 Maret 2024, 05:22 WIB
anies-pilih-fokus-di-mk-belum-tertarik-bertemu-atau-bergabung-dengan-prabowo-gibran
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan usai menghadiri acara berbuka puasa bersama di DPP Partai NasDem, Jakarta, Jumat (22/3/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Capres nomor urut 1, Anies Baswedan belum tertarik untuk bertemu ataupun bergabung dengan Capres dan Cawapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Anies menjelaskan, saat ini dirinya dan tim hukum Anies-Muhaimin sedang fokus berupaya memenangkan gugatan perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi. 

Adapun naskah permohonan pada intinya mengenai permasalahan pencalonan Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabumin Raka. 

Tim hukum Anies-Muhaimin berharap MK bisa mengabulkan permohonan dan dilaksanakannya pemungutan suara ulang (PSU) tanpa menyertakan Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka. Jika PSU dilakukan, Gibran harus diganti dengan yang lain.

"Kita semua saat ini masih berkonsentrasi di MK, memastikan proses berjalan dengan baik dan kita mengharapkan para hakim nanti menjalankan tugas dengan adil, bisa imparsil dan menjunjung tinggi nilai kejujuran dan keadilan," ujar Anies di DPP NasDem, Jumat (22/3/2024).

Baca Juga: Respons Anies soal Peluang Nasdem Gabung Koalisi Prabowo: Sifatnya Spekulatif

Anies menambahkan, hingga saat ini tidak ada komunikasi yang dilakukan pihak Prabowo-Gibran kepada dirinya. Termasuk juga tawaran menteri di pemerintahan selanjutnya. 

Ia kembali menegaskan bahwa saat ini fokus utama adalah memenangkan gugatan sengketa Pilpres 2024 di MK. 

"(Ditawaran menteri) MK-nya belum selesai. Kita tunggu semua pada MK. Gini MK itu proses selesai baru dari situ kita bicara tentang langkah-langkah ke depan, dan pembentukan kabinetnya masih lama," ujar Anies.  

Adapun Capres Terpilih Prabowo Subianto menyambangi Markas Partai NasDem di Gondangdia, Menteng, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Kedatangan Prabowo disambut langsung oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh. 

Baca Juga: Analisis Peneliti BRIN JIka Nasdem Gabung Koalisi Pemerintahan Prabowo-Gibran

Prabowo menjelaskan dirinya sangat mengapresiasi sikap Surya Paloh. Prabowo menekankan sudah saatnya keduanya bersatu setelah bersaing dalam Pemilu 2024. 

"Saya sangat menghargai sikap Nasdem, setelah pertandingan kita bersaing ya kan. Tapi, kita tetap bersahabat, kita tetap satu keluarga, kita tetap cinta Tanah Air," ujar Prabowo di Nasdem Tower.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x