Kompas TV nasional rumah pemilu

NasDem Terima Hasil Pilpres, Sekjen PBNU: Bang Paloh Negarawan, Layak Ditiru PKB

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 17:09 WIB
nasdem-terima-hasil-pilpres-sekjen-pbnu-bang-paloh-negarawan-layak-ditiru-pkb
Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul saat menggunakan hak pilihnya di TPS 10 The Gayungsari, Kecamatan Gayungsari, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/2/2024). (Sumber: Willi Irawan/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Sekjen PBNU) Saifullah Yusuf menyanjung Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menyatakan sikap menerima hasil Pemilu 2024. Menurutnya, sikap NasDem ini dapat ditiru Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dipimpin Muhaimin Iskandar.

“Bang Surya Paloh negarawan. Saya sangat mengapresiasi dan ini layak ditiru oleh PKB,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipul tersebut.

Gus Ipul mengaku prihatin PKB tak kunjung menyatakan sikap menerima hasil pilpres. Padahal, sebagai partai warga NU, menurutnya perlu untuk mengakui hasil pilpres demi mengapresiasi pilihan rakyat dan menghargai Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ini soal cara berpikir. Mengakui hasil pilpres sama dengan mengapresiasi pilihan rakyat dan kerja KPU bahwa ada masalah itu bisa diproses. Perkara ada pelanggaran, itu yang memutus MK. Ada jalurnya, bukan beropini,” katanya.

Baca Juga: NasDem Terima Hasil Pemilu 2024, Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Gus Ipul sendiri menilai pilpres berlangsung dengan baik. Ia pun menyampaikan pesan dari kiai-kiai NU agar masyarakat menerima hasil pilpres.

“Warga NU di bawah itu berharap dinamika pasca pilpres tidak berkepanjangan. Para kiai juga sudah berpesan agar masyarakat menghormati seluruh hasil yang ada, sehingga kehidupan berbangsa bisa kembali normal seperti semula,” kata Gus Ipul dikutip Antara.

Surya Paloh sendiri menggelar konferensi pers menerima hasil Pilpres 2024 segera usai hasilnya ditetapkan KPU, Rabu (20/3). Dalam konferensi pers tersebut, Paloh berharap semua pihak mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan golongan setelah pemilu.

“Partai NasDem menyatakan menerima hasil Pemilu Tahun 2024 yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 yang lalu, baik pemilu legislatif maupun pemilu presiden dan wakil presiden,” kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (20/3).


“Kedua Partai NasDem mengucapkan selamat kepada seluruh partai politik peserta pemilu Tahun 2024 beserta dengan ketiga pasangan calon yang telah mengikuti kontestasi Pemilu Presiden Tahun 2024. Partai NasDem juga mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres tahun 2024."

Baca Juga: Jubir Anies-Muhaimin Sebut Pada Pemilu 2024 Telah Terjadi Tirani Uang, Penipuan Demokrasi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x