Kompas TV nasional rumah pemilu

PAN Imbau Kubu 01 dan 03 Terima Hasil Pemilu 2024, Meski Pelaksanaannya Ada Kekurangan

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 14:40 WIB
pan-imbau-kubu-01-dan-03-terima-hasil-pemilu-2024-meski-pelaksanaannya-ada-kekurangan
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengimbau kepada kubu capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar serta pendukung capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD,  untuk menerima dengan lapang dada ihwal hasil Pemilu 2024. 

Ia mengakui bila dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu memang terdapat kekurangan, tapi itu adalah sebuah dinamika dalam penyelenggaraan pemilu. 

Baca Juga: Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024, Jalan Imam Bonjol Depan KPU Ditutup untuk Lalu Lintas Kendaraan

"Bukan hanya paslon 01 dan 03 yang merasa ada kekurangan dalam proses pelaksanaan pemilu kemarin, tentu kami di paslon 02 merasa ada kekurangan," kata Saleh kepada wartawan, Rabu (20/3/2024). 

Menurut dia, bila memang kurang puas, lebih baik menempuh jalur gugatan di Mahkamah Konstitusi atau MK. 

"Kami juga menemukan ada banyak pelanggaran yang terjadi dan semua itu sudah diidentifikasi dari tim hukum 02. Tentu pada titik tertentu kami ikut melakukan gugatan di MK," ujarnya. 

Saleh juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menghormati seluruh hasil penetapan Pemilu 2024.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghormati seluruh keputusan terkait dengan penetapan hasil Pemilu 2024 baik yang berkenaan dengan hasil pilpres dan pileg," kata Seleh. 

"Terkait dengan pembicaraan koalisi ke depan ini tidak serta merta dilakukan besok. Besok itu baru penetapan setelah itu kita berikan ruang kepada para pihak untuk melakukan gugatan. Karena itu tentu koalisi yang ada sekarang ini tentu masih menunggu persidangan perselisihan hasil pemilu yang digelar di MK," katanya.


 

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengumumkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 pada Rabu (20/3/2024). 

Sudah ada 36 provinsi yang sudah menyelesaikan rekapitulasi suara nasional. Dari hasil itu, capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di 34 provinsi. 

Baca Juga: Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, 3.500 Personel Gabungan Amankan KPU, Bawaslu dan Gedung DPR

Sementara, Anies-Muhaimin unggul di 2 provinsi. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x