Kompas TV nasional politik

Komeng Lolos Jadi DPD RI Wakili Jawa Barat, Raih 5,3 Juta Suara

Kompas.tv - 18 Maret 2024, 22:44 WIB
komeng-lolos-jadi-dpd-ri-wakili-jawa-barat-raih-5-3-juta-suara
Foto Arsip. Komedian Komeng meraih perolehan suara terbanyak untuk DPD Dapil Jabar yakni mencapai 5.399.699 suara. (Sumber: (YouTube Abdel Achrian)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk DPD RI, Senin (18/3/2024).

Hasilnya, komedian Alfiansyah Komeng alias Komeng meraih suara terbanyak yakni 5.399.699 suara.

Adapun pembacaan hasil rekapitulasi dilakukan anggota KPU Jawa Barat, Ahmad Nur Hidayat,  di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung pada hari ini, Senin.

Pembacaan raihan suara Komeng yang mencapai 5,3 juta itu disambut dengan seruan ”uhuy” oleh para peserta kegiatan rekapitulasi. 

Perolehan suara komeng diikuti tiga caleg lainnya. Mereka yakni Aanya Rina Casmayanti dengan raihan 1.976.561 suara, kemudian artis Jihan Fahira yang memperoleh 1.823.907 suara, serta Agita Nurfianti dengan raihan 1.168.837 suara. 

Baca Juga: Komitmen Komeng Bekerja Serius Jika Sah Masuk DPD RI

Dengan demikian, empat calon legislatif (Caleg) DPD tersebut berhak menjadi senator di Senayan mewakili dapil provinsi Jawa Barat.

”Demikian berita acara dan sertifikat ini dibuat dalam beberapa rangkap dan ditandatangani ketua dan anggota KPU Jawa Barat serta saksi calon perseorangan. Saya nyatakan sah,” kata Ahmad, dikutip dari Kompas.id.

Sebelumnya, nama Komeng sempat menjadi sorotan usai foto dirinya di surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat pada Pemilu 2024 viral di media sosial.

Foto Komeng mampu menarik perhatian pemilih karena berbeda dengan calon anggota DPD lainnya yang menggunakan foto berpenampilan formal dengan berkemeja dan berjas.

Dalam foto atas nama Alfiansyah Komeng, ia justru mengenakan kemeja biru dan berpose memiringkan kepalanya ke arah kiri.

Foto kocaknya disebut berhasil membuat Komeng mendapatkan perolehan suara yang cukup tinggi, semenjak penghitungan real count KPU.

Baca Juga: Sebelum Menjadi Caleg, Inilah Cerita Komeng yang Dulunya Seorang Aktivis | ROSI


 



 



Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x