Kompas TV nasional politik

Luhut Nilai Rumah Menteri di IKN Lebih Kecil, Ridwan Kamil: Kenyamanan Sama kayak Widya Chandra

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 07:23 WIB
luhut-nilai-rumah-menteri-di-ikn-lebih-kecil-ridwan-kamil-kenyamanan-sama-kayak-widya-chandra
Rumah jabatan menteri di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur. (Sumber: Dok. Ditjen Perumahan Kementerian PUPR)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dinilai berukuran lebih kecil dibanding rumah dinas yang ada di kompleks menteri Widya Chandra, Jakarta.

Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil tak membantah penilaian tersebut. 

Menurutnya, secara matematika, rumah dinas menteri di IKN dengan di Widya Chandra memang berbeda. Jika dianalogikan, ukuran rumah dinas menteri di IKN dan Widya Chandra seperti L dan XL.

Tak hanya itu, secara kualitas, rumah dinas menteri di IKN dan Widya Chandra sama bagusnya, begitu pula dengan kenyaman, selayaknya rumah di Widya Chandra.

Baca Juga: Seperti Ini Bentuk, Luas, dan Fasilitas Rumah Menteri di IKN

"Kalau kualitasnya atau desainnya, sama bagusnya. Tapi kalau apple to apple, matematika ya, ukuran di Widya Chandra dengan ukuran di IKN memang lebih besar di Widya Chandra. Tapi kalau kenyamanannya sama," ujar Ridwan Kamil, usai Rakornas IKN di Grand Ballroom Kempinski, Kamis (14/3/2024), dikutip dari Kompas.com

Adapun penilaian rumah dinas menteri di IKN, Kalimantan Timur lebih kecil dibanding rumah dinas yang ada di kompleks menteri Widya Chandra muncul dari Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Menko Luhut sempat mengomentari kecilnya ukuran rumah dinas menteri di IKN.

"Lebih kecil dari ukuran di Widya Chandra. Bahkan, Pak Luhut bilang, 'Lho ini kok kecil?'" ujar Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/3/2024).

Menurut Basuki, sebenarnya ukuran rumah dinas di IKN bisa diperbesar. Hanya saja, secara keseluruhan, IKN mengusung konsep compact city, sehingga bangunan yang ada dibuat efisien.

Baca Juga: Juli 2024 ASN Mulai Digeser ke IKN, Jokowi Targetkan Pembangunan 47 Tower Hunian Selesai November

Selain itu, sudah disesuaikan dengan desain pemenang sayembara pembangunan rumah menteri di IKN.

Basuki pun membantah informasi yang sempat beredar bahwa rumah dinas menteri di IKN memiliki fasilitas mewah. Ia justru mempertanyakan siapa yang pertama kali menyebut rumah dinas tersebut mewah.

"Ya dulu yang nyebut mewah siapa? Kalau buat saya, jadi lebih kecil. Karena saya tempati, ya (rumah dinas Widya Chandra)," ujarnya. 


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x