Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS Respons PSI soal Jokowi Pimpin Koalisi: Tidak Ada Pimpinan Koalisi di Luar Presiden Terpilih

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 10:30 WIB
pks-respons-psi-soal-jokowi-pimpin-koalisi-tidak-ada-pimpinan-koalisi-di-luar-presiden-terpilih
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers di Gerbang Tol Limapuluh, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar video YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebut dalam sistem presidensial tidak ada pemimpin koalisi partai politik yang tidak menjadi presiden terpilih.

Hal tersebut disampaikan Politisi PKS Pipin Sopian merespons usulan Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie untuk menjadikan Presiden Jokowi sebagai pimpinan koalisi patrtai politik usai tak lagi menjabat.

“Kita sistem presidensial, bukan sistem parliamentary, jadi kalau kita melihat sistem kita, maka (pimpinan koalisi adalah -red) yang saat ini lah yang berlaku, di mana tidak ada pemimpin koalisi di luar dari presiden yang terpilih,” kata Pipin dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga: PDI-P Tanggapi Usulan Jokowi Pimpin Koalisi: You Tidak akan Jadi Pimpinan Politik Lagi

“Jadi bagi kita, kalau misal Pak Anies yang terpilih, maka beliau lah yang menjadi pemimpin koalisi yang bisa merekatkan semua partai-partai koalisi.”

Lebih lanjut, Pipin menuturkan dalam bernegara berada di posisi koalisi pemerintahan atau pun oposisi sama terhormatnya. Oleh karena itu, kata Pipin, PKS baru akan menentukan sikap setelah hasil KPU keluar dan putusan Mahkamah Konstitusi soal capres cawapres terpilih.

“Jadi musyawarah majelis syuro yang akan memutuskan, jadi sekali lagi bagi PKS, kami tentu tidak akan terburu-buru dengan dinamika saat ini, kami akan wait and see bagaimana keputusan KPU,” ujar Pipin.

Baca Juga: Laporan Agus Rahardjo Diterima Langsung Ketua Bawaslu: Pak Ketua Sampaikan Akan Menindaklanjuti

“Dan terkait dengan Pak Jokowi mau jadi pimpinan koalisi atau bukan, kan pilpresnya belum selesai, jadi kita tidak tahu dua putaran atau tidak, kita belum tahu pemenangnya Pak Prabowo bukan, bisa jadi Mas Anies, bisa jadi Mas Ganjar. Saya kira dinamika ini akan terus kita pantau, kita kaji, berada di dalam maupun di luar kita akan liat maslahatnya dan mudhorotnya untuk bangsa dan negara kita.”


Usulan Presiden Jokowi menjadi pimpinan koalisi partai politik disampaikan oleh politisi PSI Grace Natalie.

“Pak Jokowi itu saya rasa harusnya ada di atas semua partai ya,” ujar Grace.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x