Kompas TV nasional peristiwa

Brigjen Djon Afriandi Resmi Dilantik sebagai Danjen Kopassus yang Baru

Kompas.tv - 8 Maret 2024, 20:10 WIB
brigjen-djon-afriandi-resmi-dilantik-sebagai-danjen-kopassus-yang-baru
Brigjen Djon Afriandi resmi menjadi Danjen Kopassus di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (8/3/2024). (Sumber: KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Brigjen Djon Afriandi resmi menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) usai dilantik pada Jumat (8/3/2024).

Djon yang sebelumnya menjabat Staf Khusus Kepala Staf TNI AD menggantikan Mayjen Deddy Suryadi yang ditunjuk menjadi Pangdam IV/Diponegoro.

Penyerahan satuan dari Deddy ke Djon dilakukan dalam acara 'Penyerahan Satuan Kopassus' yang digelar di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat.

Meski lokasi diguyur hujan deras, prosesi penyerahan jabatan Danjen Kopassus tetap dilangsungkan.

Di bawah air hujan yang turun, Djon tetap membacakan sumpah prajurit komando dengan diiringi  suara ledakan di setiap tahapannya.

Mayjen Deddy kemudian menyerahkan seluruh kekuatan Kopassus kepada Djon selaku Danjen Kopassus yang baru.

Baca Juga: Panglima TNI Mutasi 38 Pati, Ada Wakasad, Pangdam hingga Danjen Kopassus

"Saya serahkan seluruh satuan Kopassus dari personil, materiil, sampai seluruh alat Kopassus kepada Danjen Kopassus Brigjen Djon Afriandi," kata Deddy dalam prosesi tersebut dikutip dari Kompas.com.

Djon pun menerima penyerahan satuan dari Deddy dan menyatakan akan membuat Kopassus menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Terima kasih Mayjen Deddy Suryadi. Mari kita sama-sama bangun Kopassus dengan hati. Jadikanlah Kopassus pasukan profesional, adaptif," ucap Djon.

Seperti yang diketahui, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto telah menunjuk Brigjen Djon Afriandi sebagai Danjen Kopassus, unit elit dari TNI AD.


 

Djon adalah lulusan terbaik dari Akademi Militer atau Adhi Makayasa pada tahun 1995.

Penunjukan ini diatur dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI tertanggal 21 Februari 2024. 

Baca Juga: Guyon Prabowo Usai Disambut Ibu-ibu di Madura: Tangan Mantan Kopassus Sakit Juga



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x