Kompas TV nasional peristiwa

Pesawat Smart Aviation PK-SNE Rute Tarakan-Binuang Hilang Kontak

Kompas.tv - 8 Maret 2024, 14:25 WIB
pesawat-smart-aviation-pk-sne-rute-tarakan-binuang-hilang-kontak
Pesawat jenis Pilatus milik PT. Smart Aviation. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

TARAKAN, KOMPAS.TV - Pesawat jenis Pilatus milik PT. Smart Aviation dengan registrasi PK-SNE mengalami hilang kontak (lost contact) usai lepas landas dari Bandara Tarakan pada Jumat (8/3/2024) pukul 08.25 Wita.

Pesawat tersebut diperkirakan tiba di Binuang, Krayan Tengah, Nunukan, Kalimantan Utara pada pukul 09.24 Wita, tetapi hingga saat ini belum diketahui posisinya.

“Info lost contact-nya benar, kami belum bisa kasih info, masih nunggu juga kami,” kata Bagian Humas Bandara Juwata Tarakan, Paris, Jumat siang.

Airnav Tarakan sendiri sudah menyatakan status DETRESFA (Distress Phase) atau fase darurat bahaya.

Koordinasi antara Basarnas, BMKG, PT. Smart Aviation, MAF Tarakan, dan pihak terkait dilakukan untuk mengetahui keberadaan pesawat.

Baca Juga: Pesawat-Pesawat Salurkan Bantuan dari Udara untuk Warga Palestina

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pesawat tersebut diawaki oleh kapten penerbangan M Yusuf dan membawa kargo sembako sebanyak 583 kilogram.

Melansir Kompas.com, dalam grup WhatsApp resmi Basarnas Tarakan, beredar foto dan video rapat untuk memulai proses pencarian pesawat Smart Aviation.

“Basarnas melakukan plotting area diduga terjatuhnya pesawat tersebut,” demikian keterangan pada foto dan video yang beredar.

Sementara itu, Camat Krayan, Oktavianus, mengatakan bahwa ia sudah mendapatkan informasi terkait adanya pesawat pengangkut sembako untuk warga perbatasan RI-Malaysia di Krayan, hilang kontak.

"Baru saya dapat informasi dari Bandara Juwata Tarakan. Rute Tarakan-Binuang Kecamatan Krayan Tengah (pesawat yang hilang kontak). Ini sedang menunggu update informasi," ujar Oktavianus.




Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x