Kompas TV nasional peristiwa

Imbas Cuaca Buruk, 2 Penerbangan Tujuan Solo Alihkan Pendaratan ke Semarang

Kompas.tv - 5 Maret 2024, 20:53 WIB
imbas-cuaca-buruk-2-penerbangan-tujuan-solo-alihkan-pendaratan-ke-semarang
Ilustrasi pesawat menghadapi cuaca buruk. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dua penerbangan dengan tujuan Bandara Adi Sumarmo Solo dialihkan pendaratannya ke Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang pada Selasa (5/3/2024). 

Dua pesawat yang dimaksud yakni Lion Air bernomor JT 925 yang berangkat dari Bali menuju Solo dan Batik Air dengan nomor ID 7368 yang berangkat dari Jakarta menuju Solo.

Corporate Communication Strategic Lion Air Group, Danang M Prihantoro menyebut pengalihan pendaratan dua maskapai tersebut dikarenakan adanya cuaca buruk. 

"Alasan utama pengalihan pendaratan (divert) ini adalah kondisi cuaca yang kurang baik di Bandar Udara Adi Soemarmo yang berakibat jarak pandang yang pendek," kata Danang, dalam keterangannya, Selasa.

Jarak pandang yang tidak memadai tersebut, lanjut dia, tidak memenuhi standar keselamatan dan operasional yang ditetapkan untuk penerbangan sehingga pendaratan di Bandar Udara Adi Soemarmo dinilai tidak aman.

Lebih lanjut, ia menyebut, keputusan mengalihkan pendaratan ke bandar udara alternatif diambil dengan memprioritaskan keselamatan penumpang dan telah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Baca Juga: Soal Pesawat Wings Air Ditembak di Yahukimo, Lion Air Group: Masih Proses Investigasi

"Dalam industri penerbangan, keselamatan selalu menjadi prioritas utama. Keputusan ini diambil oleh pilot berdasarkan informasi dari pengawas penerbangan (air traffic control) dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh maskapai dan regulator penerbangan," jelasnya.

Hal senada disampaikan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin.

Ia  menyebut pengalihan pendaratan dua pesawat tersebut disebabkan cuaca buruk dan hujan lebat yang terjadi sejak Selasa siang.

Menurut penjelasannya, maskapai Lion Air dari Denpasar yang seharusnya mendarat di Bandara Adi Soemarmo Solo pukul 16.25 WIB dialihkan ke Semarang.

Sementara Batik Air dari Cengkareng yang sejatinya  akan mendarat di Bandara Adi Soemarmo Solo pada pukul 16.45 WIB, juga dialihkan ke Semarang, karena adanya hujan deras.

"Saat ini nunggu cuaca di Solo karena Solo masih hujan deras. Cuaca di sini in out, kadang hujan deras, berhenti, terus clear, kemudian hujan deras lagi," kata Erick dalam keterangannya, Selasa, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Minta Maaf, Ini Penjelasan Batik Air soal Lampu-AC Pesawat rute Makassar-Jakarta Mati saat Mendarat



Sumber : Kompas TV/Antara.


BERITA LAINNYA



Close Ads x