Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Imbau Waspadai Tinggi Gelombang 4 Meter di Perairan Banten hingga Besok

Kompas.tv - 3 Maret 2024, 20:33 WIB
bmkg-imbau-waspadai-tinggi-gelombang-4-meter-di-perairan-banten-hingga-besok
Ilustrasi gelombang tinggi. BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk pelaku pelayaran agar waspadai tinggi gelombang yang mencapai empat meter di perairan Banten. (Sumber: KOMPAS.com/ROSYID ASZHAR)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk pelaku pelayaran agar mewaspadai tinggi gelombang yang mencapai empat meter di perairan Banten.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana menyebut peringatan dini tersebut dikeluarkan guna menghindari kecelakaan laut pada 3-4 Maret 2024.

Ia menyebut tinggi gelombang di perairan berkisar 2,5 sampai 4,0 meter dengan tiupan angin bergerak dari barat laut hingga barat berkecepatan 0,5 - 25 kilometer per jam.

Menurut penjelasannya, tinggi gelombang tersebut cukup membahayakan bagi nelayan yang menggunakan perahu, kapal tongkang, kapal kargo, kapal feri, dan kapal pesiar, yang melintasi perairan Banten, seperti di selatan Banten, Samudera Hindia, dan Selat Sunda bagian Selatan.

Sementara itu di penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung), kata dia, relatif aman dan normal karena tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara mencapai 1,25 meter (sedang).

BMKG juga mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir di tujuh daerah di Banten.

Baca Juga: Daftar Daerah Indonesia Status Cuaca Ekstrem Hari Ini dan Besok, BMKG: Hujan hingga Gelombang Tinggi

Daerah yang dimaksud yakni Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang.

Ia mengatakan cuaca ekstrem itu berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti antara lain banjir, longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung, dan gelombang tinggi.

Sebab itu, pihaknya meminta masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam agar meningkatkan kewaspadaan jika terjadi cuaca buruk tersebut.

Sementara itu, terkait peringatan gelombang tinggi di perairan Banten, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Agust Riza Faesal mengatakan telah menyampaikan peringatan kewaspadaan bagi para nelayan.

"Kami sudah menyampaikan peringatan kewaspadaan bagi nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi di perairan itu," ujarnya, dikutip dari Antara.

Dalam kesempatan itu ia juga kembali mengingatkan kepada para nelayan tradisional di perairan Banten, khususnya pesisir Selatan Banten dan Samudera Hindia, agar waspada gelombang tinggi hingga 4 meter guna menghindari kecelakaan laut.

Baca Juga: Waspada! BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan Hingga Awal Maret 2024


 

 



Sumber : Kompas TV/Antara.

BERITA LAINNYA



Close Ads x