Kompas TV nasional rumah pemilu

Rekapitulasi KPU di 28 Kota Luar Negeri: Amin Unggul di 2 Kota, Prabowo-Gibran 18, Ganjar-Mahfud 8

Kompas.tv - 2 Maret 2024, 21:14 WIB
rekapitulasi-kpu-di-28-kota-luar-negeri-amin-unggul-di-2-kota-prabowo-gibran-18-ganjar-mahfud-8
Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres dan Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) berfoto bersama dengan menunjukkan nomor hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres, di Kantor KPU, Selasa (14/11/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dalam perolehan suara di 18 kota di luar negeri. 

Perolehan tersebut merupakan hasil rekapitulasi KPU terhadap 28 wilayah panitia pemilihan luar negeri (PPLN) mulai Sabtu (2/3/2024), pagi hingga petang. 

Sebanyak 28 wilayah PPLN yang direkapitulasi KPU yakni Alger, Aljazair; Astana, Kazakhstan; Sofia, Bulgaria; Dhaka, Bangladesh; Panama City, Panama; Beograd, Serbia; Bucharest, Romania.

Kemudian Haere, Zimbabwe dan Zambia; Dakar, Senegal; Havana, Kuba; Guangzhou, China; Vanimo, Papua Nugini. 

Ottawa, Kanada; Zagreb, Kroasia; Quito, Ekuador; Paris, Perancis, Ankara, Turki; Maputo, Mozambik; Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina; Penang, Malaysia; Kota Kinabalu, Malaysia.

Baca Juga: Perhitungan Luar Negeri: Anies Unggul di Timur Tengah, Prabowo di Asia, Ganjar Amerika dan Eropa

Shanghai, Tiongkok; Bratislava, Slowakia, Stockholm, Swedia; Wellington, Selandia Baru; Los Angeles, Amerika Serikat; Bern, Swiss Nairobi, Kenya.

Dari 28 kota pemilihan luar negeri tersebut, Prabowo-Gibran memenangkan 18 kota di luar negeri. Yakni di Alger, Astana, Sofia, Dhaka. 

Kemudian, di Panama City, Beograd, Bucharest, Haere, Dakar, Havana, Guangzhou, Vanimo, Maputo, Sarajevo, Penang, Kota Kinabalu, Shanghaidan Bratislava. 

Sedangkan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) menang di dua kota. Yakni Ankara, Turki dan Nairobi, Kenya.

Pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menang di 8 kota pemilihan luar negeri. Yakni Ottawa, Kanada; Zagreb, Kroasia; Quito, Ekuador; dan Paris, Perancis.

Baca Juga: Sampai Mana Proses Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Nasional oleh KPU?

Kemudian Stockholm, Swedia; Wellington, Selandia Baru; Los Angeles, Amerika Serikat; dan Bern, Swiss.

Adapun ada 128 kota di luar negeri yang mengikuti Pemilu 2024. Hasil perhitungan sementara KPU dari PPLN Sabtu (2/3/2024), pukul 19.00 WIB dengan progres 1732 dari 3075 TPS atau 56.33 persen, pasangan Anies-Muhaimin memperoleh 20,23 persen suara.

Pasangan Prabowo-Gibran 59,89 persen dan pasangan Ganjar-Mahfud memperoleh 19,88 persen.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x