Kompas TV nasional peristiwa

Tak Cuma di Jakarta, Aksi Demo 1 Maret 2024 Juga Digelar di Yogyakarta, Solo dan Surabaya

Kompas.tv - 1 Maret 2024, 12:17 WIB
tak-cuma-di-jakarta-aksi-demo-1-maret-2024-juga-digelar-di-yogyakarta-solo-dan-surabaya
Massa penolak hasil Pemilu 2024 melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah aksi demo pada tanggal 1 Maret 2024 dijadwalkan berlangsung di berbagai kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo hingga Surabaya.

Demo yang digelar pada Jumat (1/3/2024) hari ini hampir semua terkait penyelenggaraan Pemilu 2024. Selain itu, ada pula tuntutan untuk menurunkan harga sembako, termasuk beras, yang harganya semakin mahal.

Di Jakarta misalnya, berdasarkan pamflet yang beredar di media sosial, ada dua demo yang bakal berlangsung hari ini.

Front Rakyat Semesta (FRS) menggelar Aksi Rakyat Semesta Geruduk DPR RI pada siang ini pukul 13.30 WIB di Pelataran Gedung DPR RI.

Sejumlah tokoh seperti Said Didu dan Eggi Sudjana disebut akan hadir untuk memberikan orasi.

FRS sendiri mengeluarkan tiga tuntutan rakyat mereka, yakni turunkan harga sembako, dukung hak angket, dan diskualifikasi 02 serta makzulkan Jokowi.

Aksi di Gedung DPR RI ini juga akan dihadiri Masyarakat Bogor Raya yang juga bakal menyampaikan tuntutannya.

Demonstrasi juga akan digelar di depan Gedung KPU RI pada pukul 15.00 WIB. Aksi tersebut menggugat terkait kecurangan di pemilu.

Baca Juga: Sejumlah Elemen Masyarakat Bakal Demo di Gedung DPR Hari Ini, Polisi Terjunkan 2.590 Personel

Demo 1 Maret 2024 selanjutnya digelar di Purwokerto, tepatnya di Alun-Alun Purwokerto pada pukul 13.00 WIB.

Aksi yang diberi nama Aksi Indonesia Melawan itu menuntut empat hal, yakni turunkan harga sembako, dukung hak angket, diskualifikasi 02, dan makzulkan Jokowi.

Selanjutnya di Yogyakarta, aksi damai digelar di Monumen SD 1 Maret 1949 (Titik Nol KM) pada Jumat hari ini dari pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Dalam aksi damai bertajuk Petisi Rakyat Jogja Menggugat Pemilu Curang, Gerakan Penegakan Kedaulatan Rakyat (GPKR) dan Paguyuban Penegakan Demokrasi Masyarakat Jogja Istimewa (PPDMJI) menuntut untuk mendukung hak angket, usut politisasi bansos dan bongkar penyalahgunaan kekuasaan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x