Kompas TV nasional politik

Kapan Mulai Berkantor di IKN, Presiden Jokowi: Pak Basuki Juli, Saya Tunggu Bandara dan Tol Jadi

Kompas.tv - 1 Maret 2024, 01:05 WIB
kapan-mulai-berkantor-di-ikn-presiden-jokowi-pak-basuki-juli-saya-tunggu-bandara-dan-tol-jadi
Presiden Joko Widodo menjelaskan rencana penyelenggaraan upacara kemerdekaan 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN) usai groundbreaking sejumlah infrastruktur di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/02/2024). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo berencana mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur. 

Presiden Jokowi menjelaskan rencana berkantor di IKN akan dilakukan setelah bandara dan jalan tol sudah terbangun. 

Jokowi memaparkan jika infrastruktur bandara dan jalan tol telah selesai dibangun maka waktu tempuh dari Bandara Nusantara ke IKN hanya 15 menit.

Pembangunan jalan tol juga akan mempersingkat waktu tempuh dari Kota Balikpapan ke IKN dari semula sekitar dua jam menjadi sekitar 45 menit.

Nantinya tidak hanya Jokowi yang akan memulai berkantor di IKN. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono diagendakan akan berkantor pada Juli 2024. 

Baca Juga: MenPANRB: 12.000 ASN dari 38 Kementerian/Lembaga Pindah Bertahap ke IKN Juli-Desember 2024

"Pak Basuki Juli, saya nunggu bandara dan jalan tolnya jadi. Kalau airport-nya jadi, jalan tol jadi (berkantor di sini)," ujar Jokowi di sela peresmian pembangunan sejumlah infrastruktur klaster keuangan di kawasan IKN, Kamis.

Terkait rencana penyelenggaraan upacara kemerdekaan 17 Agustus 2024 di IKN, Presiden Jokowi menyatakan untuk hal tersebut sudah dibahas secara detail. 

Lokasi untuk acara dan kapasitas yang diperluakan sudah dibahas dengan sangat terperinci. Bahkan dari laporan yang diterima persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan RI sudah hampir final.

"Jadi fisiknya tidak ada masalah sampai hari ini, kemudian acara sudah dirancang, kapasitas berapa, acaranya apa sudah sedetail itu sudah, di bulan Januari sudah hampir final," ujar Jokowi. 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x