Kompas TV nasional peristiwa

Gelar Simulasi Makan Siang Gratis di Tangerang, Airlangga: Enak Nggak Makanannya?

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 12:58 WIB
gelar-simulasi-makan-siang-gratis-di-tangerang-airlangga-enak-nggak-makanannya
Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto saat hadir dalam simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024). (Sumber: YouTube Kompas TV)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

TANGERANG, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024).

Simulasi program makan siang gratis itu dilakukan di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dalam simulasi ini, menu-menu yang disajikan kepada para siswa dan siswi yakni nasi ayam, nasi semur telur, gado-gado, dan siomay serta buah-buahan.

Semua menu tersebut diklaim sudah memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran, dan buah.

Airlangga tiba di SMP Negeri 2 Curug sekitar pukul 11.00 WIB. Setelah sempat menggelar sesi konferensi pers, ia kemudian masuk ke salah satu kelas untuk menyapa para siswa.

Dia pun bercengkerama dengan sejumlah siswa yang tengah menikmati menu makan siang gratis yang disajikan.

"Enak nggak makanannya?" tanya Airlangga kepada salah satu siswa.

"Enak pak" jawab siswa tersebut.

Baca Juga: Benny Soal Makan Siang Gratis Dibahas di Istana: Janji Prabowo-Gibran, Anehnya yang Bayar Jokowi

"Enak ya, mau lagi nggak?" tanya Airlangga lagi.

"Mau pak," ucap sang siswa yang kemudian disambut gelak tawa para murid di ruang kelas tersebut.

Airlangga kemudian berpindah ke kelas lain untuk melihat berjalannya simulasi makan siang gratis. Ia juga sempat memimpin doa sebelum makan bersama para siswa.

Seperti yang diketahui, program makan siang dan susu gratis merupakan program unggulan dari pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Meski KPU belum mengumumkan pemenang Pilpres 2024, program tersebut sudah dibahas dalam persiapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Airlangga mengatakan anggaran untuk program makan siang gratis sekitar Rp15.000 per anak. Jumlah itu belum termasuk anggaran untuk program susu gratis.

"Per anak kira-kira Rp15.000," kata Airlangga kepada wartawan usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/2/2024).

Besaran biaya makan siang gratis itu akan berlaku sama di seluruh Indonesia. Namun, wilayah mana saja yang akan didahulukan mendapat makan siang dan susu gratis bagi anak-anak, belum diputuskan. 

Baca Juga: Gibran: Makan Siang Gratis Masih Didiskusikan


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x