Kompas TV nasional rumah pemilu

Polresta Tangerang Siagakan Ratusan Personel Amankan Rapat Pleno KPU

Kompas.tv - 26 Februari 2024, 15:24 WIB
polresta-tangerang-siagakan-ratusan-personel-amankan-rapat-pleno-kpu
Ilustrasi polisi.  (Sumber: NTMC Polri)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

TANGERANG, KOMPAS.TV –  Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang, Polda Banten, menyiagakan 110 personel untuk pengamanan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Senin (26/2/2024).

Kabag Ops Polresta Tangerang, Kompol Kosasih di Tangerang, Senin, menyebut pihaknya membagi ratusan personel tersebut menjadi tiga regu.

"Untuk pengamanan rapat pleno KPU Kabupaten Tangerang kami kerahkan 110 personel dan kami bagi tiga regu," kata dia, dikutip Antara.

Ia menjelaskan, pengerahan ratusan personel kepolisian tersebut merupakan tugas pengamanan yang mendasar terhadap kegiatan rekapitulasi rapat pleno tingkat kabupaten.

Baca Juga: Dinas PPA Tangerang Selatan Sebut Korban Perundungan yang Libatkan Anak Artis Alami Trauma

Penyiagaan personel itu sekaligus merupakan upaya mendukung serta menyukseskan tahapan pemilu 2024 di Kabupaten Tangerang.

Para personel tersebut, kata dia, bertugas mengamankan rapat pleno mulai pukul 8.00 - 24.00 WIB mulai 26 Februari hingga 5 Maret 2024 atau hingga selesai tahapan pleno penghitungan surat suara tersebut.

"Pengamanan ini kita laksanakan selama 10 hari karena masih ada proses penghitungan surat suara di tingkat kecamatan. Dan untuk waktu pengamanan dilaksanakan selama 24 jam," ujarnya.

Mengenai logistik surat suara yang sudah tercoblos, ia menyebut sebagian sudah terkumpul dan masuk ke gudang KPU dari beberapa wilayah kecamatan terkecuali dari kecamatan yang saat ini masih melakukan proses penghitungan suara.

"Mulai dari pungut surat suara di TPS kita sudah melakukan pengamanan sampai diangkut ke tingkat KPPS hingga ke KPU. Tahapan itu semua kita lakukan pengawalan ketat," ujarnya.

Selama tahapan Pemilu pada 14 Februari 2024, Polresta Tangerang mengerahkan sebanyak 1.083 personel gabungan terdiri dari anggota Polsek jajaran sebanyak 68 personel, Polda Banten 260 personel dan Brimob 98 personel.


Ribuan peronel tersebut disebar ke 5.431 TPS dengan tugas untuk melakukan pengawasan dan pengamanan pada pelaksanaan pemilu tersebut.

Baca Juga: KPU Respons Penolakan PDIP terkait Penghitungan Sirekap: Akan Dibahas di Forum Rapat Pleno

"Dan pascapelaksanaan pencoblosan kita pastikan berjalan aman dan kondusif, Allhamdulilah semua pihak menerima hasil penghitungan di TPS. Jadi tidak terjadi gejolak," tuturnya.

Kabag Ops pun mengimbau masyarakat untuk tetap mengawal bersama dengan tetap mengedepankan asas kebersamaan demi menjaga kondisi yang kondusif, aman dan damai.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x