Kompas TV nasional peristiwa

Pengumuman Hasil Seleksi PPIH 1445H/2024 Ditunda, Persiapan Masih Berlangsung

Kompas.tv - 26 Februari 2024, 12:55 WIB
pengumuman-hasil-seleksi-ppih-1445h-2024-ditunda-persiapan-masih-berlangsung
Ilustrasi. Dalam rangka penyelenggaraan kesehatan haji di Arab Saudi tahun 2024, Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan akan melaksanakan rekrutmen Tenaga Kesehatan Haji (TKH) kloter dan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) PPIH Arab Saudi bidang kesehatan. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengumuman terkait seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk tahun 1445 Hijriah atau 2024 Masehi yang sebelumnya dijadwalkan pada hari ini, Senin (26/2/2024) mengalami penundaan.

Menurut Juru Bicara Kementerian Agama (Kemenag), Anna Hasbie, penundaan ini terjadi karena masih terdapat beberapa persiapan yang perlu diselesaikan.

Baca Juga: Sempat Absen, Firli Kembali Diperiksa Bareskrim di Kasus Pemerasan SYL Hari ini

"Hasil seleksi ini sedianya akan diumumkan pada 26 Februari 2024. Namun masih ada sejumlah persiapan sehingga ditunda pengumumannya," ujar Anna sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Seleksi yang ditujukan khusus untuk PPIH Arab Saudi, atau petugas non kloter yang tidak langsung mendampingi jemaah haji, membutuhkan waktu lebih untuk menyelesaikan proses persiapannya.

Baca Juga: KPU Lampung Catat Ada 8 Petugas KPPS dan Linmas Meninggal

Proses seleksi ini melibatkan tahapan pendaftaran dan seleksi administrasi, diikuti dengan tes bantuan komputer (CAT) dan wawancara yang telah berlangsung pada tanggal 25 Januari 2024.

"Pengumuman hasil seleksi ini akan diinformasikan kemudian," lanjutnya.

Baca Juga: Bukan Sirekap, Hasil Pemilu Berpatokan dari Hitung Manual

Proses pendaftaran petugas PPIH Arab Saudi dilakukan secara online melalui aplikasi Pusaka Kemenag, berlangsung dari 11 hingga 19 Januari.

Peserta yang berhasil lolos seleksi administratif berhak mengikuti tahap selanjutnya yang mencakup seleksi CAT dan wawancara.

Baca Juga: Pancaroba Tiba, BMKG Imbau Waspada Puting Beliung, Petir/Kilat hingga Hujan Es di Wilayah Ini

Sementara itu, petugas kloter telah memulai mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan di berbagai embarkasi haji sejak 19 Februari hingga 4 Maret 2024. Tujuan dari bimtek ini adalah untuk mempersiapkan petugas menjadi lebih profesional dan mampu memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji.

"Bimtek petugas kloter sudah mulai jalan di masing-masing embarkasi haji dari 19 Februari - 4 Maret 2024. Mereka disiapkan untuk menjadi petugas profesional sehingga bisa memberikan layanan terbaik kepada jemaah," terangnya.

Baca Juga: Hadiri Sidang Kabinet Paripurna, Menteri AHY: Ini Pengalaman Pertama Buat Saya!

Kementerian Agama masih mengusung semangat Haji Ramah Lansia yang berkomitmen untuk memberikan fasilitas dan layanan yang memadai bagi jemaah lanjut usia.

Untuk jemaah reguler, pelunasan biaya haji tahap pertama telah ditutup pada 23 Februari 2024, dengan total 200.601 jemaah telah melunasi biayanya. Dikarenakan masih terdapat sisa kuota, Kemenag membuka pelunasan tahap kedua pada 13 hingga 26 Maret 2024.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x