Kompas TV nasional politik

Saling Lempar Senyum, Ini Momen AHY-Moeldoko Bersalaman dan Berbincang di Sidang Kabinet Jokowi

Kompas.tv - 26 Februari 2024, 12:43 WIB
saling-lempar-senyum-ini-momen-ahy-moeldoko-bersalaman-dan-berbincang-di-sidang-kabinet-jokowi
Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) bersalaman dengan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko di sela-sela mengikuti rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/2/2024). (Sumber: Hendra A Setyawan/Kompas.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Moeldoko bertemu dan bersalaman ketika menghadiri sidang kabinet paripurna pemerintahan Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/2/2024). Seperti diketahui, hubungan keduanya ramai disorot karena terlibat perebutan kursi ketua umum Partai Demokrat beberapa bulan lalu.

AHY sendiri menghadiri sidang kabinet usai dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN). Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini dilantik menggantikan Hadi Tjahjanto yang digeser ke pos Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Dalam sidang kabinet pertamanya, AHY tampak lebih dulu di Istana Negara dibanding Moeldoko yang menjabat Kepala Staf Kepresidenan (KSP). AHY kemudian menyapa sejumlah menteri yang menjadi seniornya di kabinet, di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Baca Juga: Ngaku Demokrat Siap Bekerja Sama dengan Anggota Kabinet, Mallarangeng Ingin Lihat Wajah Moeldoko

Melansir Kompas.com, pada pukul 09.26 WIB Moeldoko kemudian memasuki Istana Negara. Moeldoko pun menghampiri AHY lalu keduanya terlihat saling senyum, bersalaman dan berbincang.

AHY dan Moeldoko sempat berseteru ketika Moeldoko berusaha "mengkudeta" kepemimpinan Demokrat. Bahkan, saat itu AHY menuduh Istana terlibat di balik usaha Moeldoko menjadi ketua umum Demokrat.

Perselisihan ini mereda usai Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan peninjauan kembali (PK) kepengurusan Partai Demokrat versi KLB yang dipimpin Moeldoko pada Oktober 2023.

MA menilai dualisme kepengurusan tersebut adalah masalah internal Demokrat yang seharusnya diselesaikan melalui mekanisme mahkamah partai.

Hubungan AHY dan Moeldoko disinyalir membaik usai Jokowi memasukkan Demokrat ke koalisi pemerintahan. Kendati sempat tidak menghadiri pelantikan AHY, Moeldoko secara terbuka memberi selamat kepada putra SBY tersebut.

Sebelum mengikuti sidang kabinet pertamanya, AHY sendiri mengaku tidak tahu apakah akan menyediakan waktu khusus untuk bertemu Moeldoko. AHY mengaku hanya ingin fokus mengikuti arahan Presiden Jokowi.

"Wah kalau waktu khusus (bertemu Moeldoko) nggak tahu ya. Yang jelas saya datang memenuhi undangan untuk sidang kabinet paripurna. Yang jelas saya tidak ingin tidak fokus," kata AHY, Senin (26/2).

"Yang pertama, saya datang untuk mengikuti dengan baik. Saya juga ingin berkenalan, bersilaturahmi dengan semua menteri Kabinet Indonesia Maju karena semua adalah kolega. Semua adalah mitra yang harus saya kenali dan berhubungan dengan baik," lanjut AHY.

Baca Juga: AHY: Demokrat Pilih Rekonsiliasi daripada Ikut Dukung Hak Angket di DPR


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x