Kompas TV nasional politik

Resmi! Jokowi Lantik AHY sebagai Menteri ATR/BPN dan Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 11:21 WIB
resmi-jokowi-lantik-ahy-sebagai-menteri-atr-bpn-dan-hadi-tjahjanto-sebagai-menko-polhukam
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Merdeka, Rabu (21/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Rabu (21/2/2024).

Hadi Tjahjanto sebelumnya menjabat sebagai Menteri ATR/BPN, kini menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri karena menjadi cawapres Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Jabatan Menko Polhukam sempat dijabat oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Baca Juga: Didampingi Istri, Hadi Tjahjanto Tiba di Istana Kepresidenan, Akan Dilantik Jadi Menko Polhukam

Adapun AHY dilantik sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan Hadi Tjahjanto. 

Di Istana Merdeka, Jokowi membacakan sumpah untuk diikuti oleh Hadi dan AHY.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian sumpah yang dikatakan Hadi dan AHY, mengikuti Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.”

Selanjutnya, keduanya menandatangani berita acara pelantikan.

Hadi Tjahjanto merupakan Purnawirawan TNI AU. Ia menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sejak 2022.

Baca Juga: AHY Temui Prabowo Sebelum Dilantik Presiden Jokowi Jadi Menteri ATR/BPN

Ia pernah menjabat sebagai Panglima TNI pada 2017-2021 dan Kepala Staf TNI AU pada 2017-2018.


Sementara itu, bagi AHY, ini merupakan kali pertamanya masuk ke dalam jajaran eksekutif di pemerintahan. Sebelumnya, AHY belum pernah menjabat sebagai pejabat publik.

Ketua Umum Partai Demokrat ini sempat mencalonkan diri pada Pilkada DKI Jakarta 2017 bersama Sylviana Murni. Namun, ia tidak terpilih.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x