Kompas TV nasional rumah pemilu

Tim Prabowo Sebut Bakal Ada Pertemuan Ketum Parpol usai Jokowi Ketemu Surya Paloh: Mereka Teman Juga

Kompas.tv - 19 Februari 2024, 15:27 WIB
tim-prabowo-sebut-bakal-ada-pertemuan-ketum-parpol-usai-jokowi-ketemu-surya-paloh-mereka-teman-juga
Sekretaris TKS Prabowo-Gibran, Idrus Marham (kanan), saat memberikan keterangan di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (19/2/2024). (Sumber: Rio Feisal/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Tim Kerja Strategis (TKS) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Idrus Marham, menyebut akan ada pertemuan antara ketua umum (ketum) partai politik (parpol) usai pertemuan antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Saya kira ini sudah hampir pastilah komunikasi politik ini. Mereka-mereka ketua umum ini kan teman-teman semua juga. Udah punya pengalaman," kata Idrus di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024).

Menurut Idrus, pertemuan antarketum parpol itu akan menjadi "pertemuan yang baik" bagi proses politik di Indonesia.

Ia pun menekankan, bagi pihak yang hendak menjadi oposisi, harus menjadi oposisi yang "konstruktif" dan tidak mendegradasi pemerintahan.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Bentuk Tim Khusus Lawan Kecurangan Pemilu, Sebut Soroti Kerusakan Demokrasi

"Kan sudah ada komunikasi, ada komitmen. Komitmennya sama, ayo mari kita membangun suatu proses politik. Ada di oposisi, ada di koalisi, misalkan," kata Idrus, dikutip Antara.

"Membangun oposisi yang apa? Yang konstruktif, demokratis, yang secara konsisten mengedepankan ide dan gagasan sebagai instrumen, mengkritisi harus objektif dan faktual. Bukan yang penting mendegradasi pemerintah, menyalahkan pemerintah," lanjutnya.

Jokowi bertemu Surya Paloh di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (18/2) malam. Jokowi mengaku hendak menjadi "jembatan untuk semuanya" usai pertemuan tersebut.

Ayah dari Gibran itu pun menyampaikan, pertemuannya dengan Surya Paloh hanyalah awal. Nantinya, jika sudah ada kesepakatan, Jokowi berjanji akan menyampaikan ke publik.

“Ini baru awal-awal, nanti kalau sudah final, nanti kami sampaikan. Tapi itu sebetulnya saya itu hanya menjadi jembatan. Yang paling penting kan nanti partai-partai,” kata Jokowi.

“Jembatan untuk semuanya, saya ingin menjadi jembatan untuk semuanya. Urusan apa itu, urusan politik itu urusan partai-partai," lanjutnya.

Baca Juga: PKS Buka Suara soal Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh


 



Sumber : KOMPAS TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x