Kompas TV nasional rumah pemilu

PM Inggris Ucapkan Selamat ke Prabowo: Saya Menantikan Kemitraan yang Kuat dengan Anda

Kompas.tv - 18 Februari 2024, 18:46 WIB
pm-inggris-ucapkan-selamat-ke-prabowo-saya-menantikan-kemitraan-yang-kuat-dengan-anda
Prabowo Subianto bersama Duta Besar Inggris Raya untuk RI Dominic Jermey di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2024). (Sumber: Instagram Prabowo Subianto)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak melayangkan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto usai Pilpres 2024. Prabowo mendapat ucapan selamat usai unggul dalam berbagai hasil hitung cepat atau quick count dan penghitungan sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rishi Sunak mengirimkan surat kepada Prabowo yang disampaikan Duta Besar Inggris Raya untuk RI Dominic Jermey ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2024). Pertemuan ini diunggah ke media sosial oleh akun Instagram Prabowo Subianto dan Kedutaan Besar Inggris Raya di Indonesia.

"Saya merasa terhormat menerima surat ucapan selamat dari Perdana Menteri Inggris Raya H.E. Rishi Sunak @rishisunakmp yang diberikan langsung oleh Duta Besar Inggris H.E. Dominic Jermey," kata Prabowo melalui unggahannya di Instagram, Sabtu (17/2).

Baca Juga: Pemilu 2024 di Luar Negeri, PPLN: Prabowo-Gibran Menang 61,6 Persen di Timor Leste

Prabowo pun menyertakan surat ucapan selamat yang dikirimkan Rishi Sunak. Dalam surat tersebut, Sunak berharap akan membangun kemitraan yang kuat dengan Indonesia dan menjaga kawasan Indo-Pasifik yang bebas terbuka.

Berikut isi surat Rishi Sunak bertanggal 16 Februari 2024 kepada Prabowo Subianto.

"Dengan hormat, Pak Prabowo,

Saya ingin mengucapkan selamat dengan tulus atas keberhasilan Anda dalam Pemilihan Presiden Indonesia pekan ini.

Tahun ini menandai 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Inggris Raya. Saya gembira dengan apa yang telah kita capai bersama melalui Peta Jalan Inggris Raya-Indonesia. Saya harap kita bisa mengembangkan hubungan bilateral menjadi sebuah Kemitraan Strategis yang sejati, dengan keamanan dan kesejahteraan ekomomi di pusatnya, termasuk bekerja sama menjaga Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Kita memiliki kolaborasi di banyak bidang. Saya berkomitmen meningkatkan hubungan dagang Inggris Raya-Indonesia dan mendukung permohonan Indonesia bergabung ke OECD (Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi). Inggris Raya juga akan terus bekerja sama dengan Indonesia dalam isu-isu krusial seperti perubahan iklim melalui Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan (JETP). Meningkatnya hubungan masyarakat antara negara kita pun akan menjadi prioritas.

Saya sangat menantikan pengembangan kemitraan yang kuat dengan Anda untuk tahun-tahun mendatang.

Sekali lagi, selamat atas keberhasilan Anda dalam pemilihan umum.

Hormat saya, Rishi Sunak."

Prabowo telah menerima ucapan selamat dari sejumlah pemimpin negara usai Pilpres 2024. Pemimpin negara itu di antaranya adalah Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Wakil Predana Menteri Australia Richard Marles, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, dan Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe.

Baca Juga: Perjalanan Karir Komeng Si Komedian "Uhuy", dari Panggung Lawak ke Politik


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x