Kompas TV nasional rumah pemilu

Litbang Kompas: Pemilih Prabowo-Gibran dari Status Sosial Ekonomi Menengah dan Bawah 55,9 Persen

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 11:46 WIB
litbang-kompas-pemilih-prabowo-gibran-dari-status-sosial-ekonomi-menengah-dan-bawah-55-9-persen
Perolehan Suara Paslon Berdasarkan Aspek Demografi (Sumber: Tangkapan layar Kompas.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Survei Litbang Kompas menunjukkan dukungan untuk Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 signifikan dari pemilih dengan status sosial ekonomi bawah dan menengah bawah.

Berdasarkan survei pascapencoblosan, pemilih dengan status sosial ekonomi bawah dan menengah bawah sama-sama berada di angka 55,9 persen. Sementara untuk pemilih dengan status sosial ekonomi menengah atas yang mendukung Prabowo-Gibran mencapai 50,9 persen.

Sedangkan untuk pemilih Prabowo-Gibran di status sosial ekonomi atas mencapai 45,6 persen.

Berbeda dengan Prabowo-Gibran, Anies-Muhaimin justru lebih tinggi mendapatkan dukungan dari pemilih berstatus sosial ekonomi atas dengan hasil 30,4 persen.

Sementara untuk dukungan dari pemilih dengan status sosial ekonomi menengah atas terhadap pasangan ini adalah 25,3 persen. Lalu, untuk status sosial ekonomi menengah bawah dan bawah adalah 21 persen dan 19,7 persen.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Suara Terbesar di Semua Gugus Pulau, di Wilayah Battle Ground Mencapai 60,1 Persen

Meskipun angka pemilih Anies-Muhaimin dengan status sosial ekonomi atas cukup tinggi, tetapi tidak lebih baik jika dibandingkan dengan perolehan Prabowo-Gibran untuk kategori yang sama. Bahkan selisihnya cukup tajam antara Anies-Muhaimin dengan Prabowo-Gibran yakni 30,4 persen berbanding 45,6 persen.


 

Jika pasangan Anies-Muhaimin lebih banyak pemilih dengan status sosial ekonomi atas, tidak demikian dengan Ganjar-Mahfud.

Pasangan Ganjar-Mahfud justru tercatat banyak didukung pemilih dengan status sosial ekonomi bawah 16 persen. Kemudian diurutan kedua berdasarkan kategori status sosial ekonomi, paslon ini didukung oleh status sosial ekonomi atas 15,1 persen.

Selanjutnya untuk dukungan status sosial menengah bawah dan atas, Ganjar-Mahfud mendapatkan 14,4 persen dan 11,3 persen.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Dalam Tempo Dua Bulan, Dukungan ke Prabowo-Gibran Meningkat, Faktor Jokowi

Sebelumnya, hasil hitung cepat (quick count) Pemilihan Presiden 2024 yang dilakukan Litbang Kompas pada 14 Februari 2024 menunjukkan, perolehan suara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah mencapai 58,73 persen, saat jumlah sampel masuk sebesar 88,45 persen pada pukul 21.21. Dengan hasil ini, pilpres diprediksi akan berlangsung satu putaran.

Hasil suara untuk Prabowo-Gibran terpaut cukup jauh dengan kedua pasangan lainnya, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mendapatkan 25,10 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 16,17 persen.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x