Kompas TV nasional rumah pemilu

Foto Nyeleneh Komeng di Surat Suara, KPU Jabar Sebut Bagian dari Strategi

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 09:03 WIB
foto-nyeleneh-komeng-di-surat-suara-kpu-jabar-sebut-bagian-dari-strategi
Foto komedian Komeng di surat suara DPD Jawa Barat. Foto ini viral karena dianggap nyeleneh dan berbeda dengan calon lain saat Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). KPU Jawa Barat menyebut foto nyeleneh komedian Komeng di surat suara Pemilu 2024 merupakan bagian dari strategi (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar) menyebut foto nyeleneh komedian Komeng di surat suara Pemilu 2024 merupakan bagian dari strategi untuk menarik perhatian pemilih.

Seperti diketaui, pada Pemilu 2024 Komeng mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Jawa Barat.

"Itu bagian dari strategi dia, supaya orang tertarik. Memang kalau dilihat yang paling beda penampilannya," kata Koordinator Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar Hedi Ardia, Rabu (14/2/2024).

Baca Juga: Fotonya Viral, Hasil Suara Komeng di DPD Jabar Melesat Sendirian: Terima Kasih Semuanya

Ia pun menyebut jika foto yang ditampilkan pada kertas suara sudah berdasarkan kesepakatan sebelumnya.

"Itu sudah kesepakatan, mereka sepakat ada dummy dulu disetujui dulu. Tidak ada masalah, kemauan sendiri sudah disepakati," ujarnya, dikutip dari Kompas.com.

Diberitakan sebelumnya, foto Komeng di surat suara Pemilu 2024 mendadak viral dan jadi trending topic di medias soial X.

Pasalnya berbeda dengan calon anggota legislatif (Caleg) lainnya yang menggunakan foto berpenampilan formal dengan berkemeja dan berjas, dalam foto atas nama Alfiansyah Komeng, ia justru mengenakan kemeja biru dan berpose memiringkan kepalanya ke arah kiri.

Baca Juga: Heboh Foto Nyeleneh Komeng di Surat Suara, Ternyata Begini Asal-usulnya

Selain itu, mata Komeng juga terlihat melotot dengan mulut sedikit terbuka.

Terkait fotonya itu, Komeng mengaku memang sengaja melakukannya, pasalnya dinilai anti-mainstream.

"Itu kan suratnya enggak bersuara, makanya ane (saya) bikin bersuara," kata Komeng.

Meski begitu, Komeng membantah bahwa penggunaan foto nyeleneh itu merupakan salah satu triknya agar dipilih oleh warga.

"Tujuan ke situ sih enggak ada. Memang saya pada dasarnya, kalau konsep ngelawak saja suka. Pengin sesuatu yang baru," kata Komeng.

"Foto buat surat suara belum. Setelah ditetapkan, baru minta foto buat surat suara. Kalau KPU Jabar, menyarankan pakai baju daerah, boleh juga pakai yang membuat khas diri masing-masing, menurut mereka," ujarnya.

Baca Juga: Pengadilan Izinkan Komeng Ganti Nama untuk Pemilihan Legislatif 2024

 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x