Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU: Terhalang Banjir hingga Gangguan Keamanan, Pemilihan Susulan Berpotensi Digelar di 668 TPS

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 21:52 WIB
kpu-terhalang-banjir-hingga-gangguan-keamanan-pemilihan-susulan-berpotensi-digelar-di-668-tps
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari berbicara dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (14/2/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menyatakan, pemilihan susulan berpotensi digelar di 668 tempat pemungutan suara (TPS) di Indonesia usai 14 Februari 2024.

Hal tersebut disampaikan Hasyim dalam konferensi pers di Jakarta usai pemungutan suara, Rabu (14/2/2024).

Hasyim menyampaikan, pemungutan suara sempat terganggu karena surat suara tertukar di 338 TPS yang tersebar di 72 kabupaten/kota di 26 provinsi pada Rabu (14/2).

Pemungutan suara di 92 TPS di Paniai, Papu Tengah juga terganggu perusakan logistik.

"Namun demikian, permasalahan tersebut begitu diidentifikasi, segera dilakukan langkah-langkah startegis untuk diselesaikan atau dituntaksan oleh para petugas KPPS dan PPS di tingkat desa/kelurahan, sehingga pemungutan suara dapat berjalan,” kata Hasyim yang didampingi jajaran anggota KPU.

Baca Juga: Cara Cek Link "Real Count" Resmi KPU Pemilu 2024, Klik pemilu2024.kpu.go.id

Hasyim menjelaskan, berdasarkan peraturan yang ada, jika terjadi kerusuhan, gangguan keamanan, bencana lama, atau gangguan lainnya yang menyebabkan pemungutan suara tidak bisa dilakukan, maka akan dilakukan pemungutan suara susulan.

Sejauh ini, ia menyebut terdapat 668 TPS yang berpotensi dilakukan pemilihan susulan, yakni 108 TPS di Demak, Jawa Tengah (banjir); 8 TPS di Batam, Kepulauan Riau (kekurangan surat suara); 92 TPS di Distirik Paniai dan 456 TPS di Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah; dan 4 TPS di Kabupaten Jaya Wijaya, Provinsi Papua Pegunungan (gangguan keamanan).

"Berdasarkan laporan yang kami terima, monitoring sepanjang waktu beberapa hari terakhir, terutama sampai hari ini, 14 Februari jam 18.00 wib, terdapat 668 TPS di 5 kabupaten/kota di 4 provinsi berpotensi dilakukan pemungutan suara susulan,” kata Hasyim.

Hasyim menekankan, pihaknya akan bekerja dengan profesional selama penghitungan suara.

Penghitungan suara akan dilakukan melalui aplikasi Sirekap dan secara berjenjang mulai dari TPS hingga KPU Pusat.

Ia menyebut semua pihak akan bisa meninjau formulir C.Hasil sebagai bentuk transparnasi. Per Rabu (14/2) pukul 19.00 WIB, ia menyebut sudah 59.836 atau 7,27 persen TPS yang mengunggah hasil melalui Sirekap.

"Kami tetap berusaha untuk menjaga diri bekerja profesional, jaga integritas, bekerja secermat mungkin, hingga kemudian kita dapat akuntabel dan proses-proses penghitungan suara transparan,” kata Hasyim.

Baca Juga: TPN Buka Komunikasi dengan Timnas AMIN Usut Dugaan Kecurangan Pemilu 2024



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x