Kompas TV nasional rumah pemilu

Quick Count SMRC Sementara: Kandang Banteng Jateng hingga Basis PKB di Jatim Dijebol Prabowo-Gibran

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 21:50 WIB
quick-count-smrc-sementara-kandang-banteng-jateng-hingga-basis-pkb-di-jatim-dijebol-prabowo-gibran
Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka tiba di lokasi debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Aditya Pradana Putra)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Capres dan Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli sejumlah daerah yang menjadi basis massa kandidat Capres dan Cawapres lain. 

Hasil hitung cepat atau quick count Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Selasa (14/2/2024), pasangan Prabowo-Gibran unggul di sejumlah daerah. 

Bahkan Prabowo-Gibran unggul di daerah yang menjadi basis massa kandidat Capres-Cawapres lain. Seperti di Jawa Tengah yang dikenal sebagai kandang PDI Perjuangan (PDI-P), partai pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Kemudian di Jawa Timur, yang menjadi basis massa pemilih PKB, partai pengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

Di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (DIY) dari hasil 94,32 persen surat suara yang masuk Prabowo-Gibran mendapat 51,74 persen suara.

Baca Juga: Prabowo Pidato Sambut Hasil Hitung Cepat, Ajak Lupakan Kata Kasar dan Hindari Perpecahan

Ganjar-Mahfud mendapat 35,10 persen, untuk pasangan Anies-Muhaimin mendapat 13,16 persen. 

Data KPU Jawa Tengah memiliki 28.289.413 pemilih dan menjadi daerah ke tiga dengan jumlah pemilih terbanyak. 

Untuk di Jawa Timur, Prabowo-Gibran memperoleh 64,96 persen suara. Sedangkan Anies-Muhaimin memperoleh 16,96 persen. Untuk pasangan Prabowo-Gibran mendapat 18,08 persen.

Diketahui Jawa Timur menjadi merupakan daerah kedua setelah Jawa Barat dengan jumlah pemilih terbanyak. DPT Jatim yakni 31.402.838 pemilih.

Adapun pasangan Anies-Muhaimin kalah tipis dengan Prabowo-Gibran di daerah Sumatera bagian utara.

Baca Juga: Pemilu 2024: Kata Tim Sukses Anies, Prabowo, Ganjar Soal Jalannya Pencoblosan hingga Kecurangan

Anies-Muhaimin memperoleh 45,45 persen dan Prabowo-Gibran mendapat 46,25 persen dengan surat suara yang masuk sebesar 90,98 persen. 

Begitu juga di DKI Jakarta, Anies-Muhaimin kalah tipis dengan Prabowo-Gibran. Anies-Muhaimin mendapat 39,41 persen, Prabowo-Gibran memperoleh 41,54 persen dengan total surat suara masuk 97,33 persen. 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x