Kompas TV nasional humaniora

Kemenkes Bagikan Tips Sehat untuk Petugas KPPS, Cukup Lakukan 4C

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 15:14 WIB
kemenkes-bagikan-tips-sehat-untuk-petugas-kpps-cukup-lakukan-4c
Ilustrasi petugas KPPS. Kesehatan dan keselamatan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjadi salah satu perhatian dalam Pemilu 2024. Kementerian Kesehatan berupaya agar tak ada lagi petugas KPPS yang meninggal saat menjalankan tugas. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kesehatan dan keselamatan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjadi salah satu perhatian dalam Pemilu 2024. Kementerian Kesehatan berupaya agar tak ada lagi petugas KPPS yang meninggal saat menjalankan tugas. 

Seperti diketahui, pada Pemilu 2019, total ada 894 petugas KPPS meninggal dan 5.175 lainnya jatuh sakit.

Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Nida Rohmawati pun membagikan tips untuk menjaga kesehatan bagi anggota KPPS.

Nida menjelaskan, tips menjaga kesehatan bagi anggota KPPS cukup dengan menerapkan 4C. Yakni cukup tidur, cukup minum, cukup makan, dan cukup olahraga.


Baca Juga: Petugas KPPS di Magetan Meninggal, Bagaimana Pengawasan KPU & Bawaslu?

“C yang pertama adalah cukup tidur minimal 6-8 jam sehari. C yang kedua cukup minum 6-8 gelas setiap hari karena dehidrasi kekurangan minum itu menjadi faktor risiko terjadinya kesakitan dan kematian," kata Nida dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/2/2024). 

"C yang ketiga cukup makan jangan hanya makan snack, tapi lupa makan. C yang keempat adalah cukup olahraga, minimal olahraga 30 menit sehari,” tambahnya. 

Nida juga menganjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kafein dan minuman manis, serta tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman berenergi.

Baca Juga: Ini Pesan Jokowi ke Ketua KPPS TPS 10 Gambir saat Terima Undangan Nyoblos

“Tubuh sudah kelelahan metabolismenya ditambah minuman berenergi, digenjot lagi dan iya, tubuhnya jadi terpaksa tidak kelelahan lagi. Minum alkohol tidak dianjurkan serta kurangi minuman manis. Kopinya boleh 2 cangkir sehari nggak usah lebih-lebih,” tuturnya. 

 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x