Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG, Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Angin Kencang Hari Ini 14 Februari 2024

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 06:56 WIB
peringatan-dini-bmkg-waspada-cuaca-ekstrem-hujan-lebat-angin-kencang-hari-ini-14-februari-2024
ilustrasi hujan lebat (Sumber: ANTARA/Wahyu Putro)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari ini Rabu (14/2/2024).

Sirkulasi Siklonik yang terpantau di Australia bagian utara dan Laut Natuna, yang membentuk daerah pertemuan angin atau konvergensi di sejumlah lokasi strategis menjadi faktor utamanya.

Baca Juga: Situasi di Makassar hingga Jayapura Jelang Pencoblosan Pemilu 2024

Konvergensi ini terjadi di Perairan Utara Australia Bagian Utara, Laut Natuna bagian Utara, Kalimantan Barat, dan sejumlah daerah lain, meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan yang signifikan di wilayah-wilayah tersebut.

Menghadapi potensi cuaca ekstrem, BMKG mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mengambil langkah antisipasi yang diperlukan.

Baca Juga: Ciri-ciri Surat Suara Sah dan Tidak Sah Pemilu 2024, Jangan Salah Mencoblos

Ini termasuk mempersiapkan perlindungan untuk rumah dan properti, memperbarui informasi cuaca secara berkala, dan mengikuti arahan serta anjuran dari otoritas setempat untuk mengurangi risiko kerusakan dan korban jiwa.

Daftar Wilayah Terdampak Cuaca Ekstrem

Berikut adalah rincian wilayah yang diperkirakan akan mengalami cuaca ekstrem pada 14 Februari 2024, berdasarkan peringatan dari BMKG.

Cuaca ekstrem ini tidak hanya terbatas pada hujan lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang, tetapi juga berpotensi memicu bencana hidrometeorologi seperti longsor dan banjir.

Baca Juga: Hasil Liga Champions Dini Hari Tadi: Man City dan Real Madrid Kompak Menang

Hujan Lebat Disertai Kilat, Petir, dan Angin Kencang

  • Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Hujan yang Dapat Disertai Kilat, Petir, dan Angin Kencang

  • DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur.

Angin Kencang

  • Kalimantan Selatan.

Baca Juga: PBB Ungkap 162 Gedung Sekolah di Gaza Hancur oleh Serangan Langsung Israel



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x