Kompas TV nasional rumah pemilu

Zulhas Respons Film Dirty Vote: Jaman Gini Mana Bisa Curang?

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 13:45 WIB
zulhas-respons-film-dirty-vote-jaman-gini-mana-bisa-curang
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas saat meninjau Pasar Tanah Abang, Kamis (28/9/2023). Pria yang juga Ketum PAN itu ikut angkat bicara terkait viralnya film dokumenter Dirty Vote yang mengungkap dugaan kecurangan Pemilu 2024. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ragu kecurangan pada Pemilu 2024 masih bisa terjadi di era keterbukaan informasi saat ini.

Pernyataan itu disampaikan Zulhas, sapaan akrabnya, merespons film dokumenter Dirty Vote karya Dandhy Laksono, Senin (12/2/2024).

“Jaman gini mana bisa curang? masa jaman gini masih bisa curang, itu gimana? Memang masih ada yang rahasia? Curang itu gimana caranya sekarang itu? Yang mau juga saya kira nggak akan dapat. Gimana? Ya tho? Gimana? Semua terbuka, rapat yang paling rahasia pun juga nggak ada rahasia. Terus kalau curang itu gimana caranya?” kata Zulkifli Hasan.

Atas dasar itu, Zulhas pun tidak yakin kecurangan dapat dilakukan untuk pemilu karena Masyarakat akan dengan cepat melihat itu. Sebab saat ini, hampir semua orang punya handphone dan bisa mengakses informasi.

Baca Juga: Ketum Golkar Airlangga Hartarto Sebut Film Dirty Vote Black Movie dan Black Campaign

“Ya artinya kalau curang jalannya itu gimana? Mau curang itu gimana? Saya punya ini, mau beli suara aja nggak, gimana caranya? Nggak mungkin. Wong sekarang kelihat semua media. Handphone bisa foto ya kan? Orang nyolok ada handphonenya semua ada, nggak mungkin (bisa curang -red),” ujar Zulhas. 

Saat ditanya soal isi film Dirty Vote, Zulhas mengaku belum melihat karena tengah mengurus saksi-saksi dari PAN untuk di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari 2024.

“Saya belum baca. Saya lagi ngurus caleg. Ya saya lagi ngurus caleg, ini masa-masa penentuan kan 1-2 hari ini persiapan saksi gitu jadi belum mengikuti perkembangan yang lain,” ujarnya.

Baca Juga: PDI-P: Film Dirty Vote Merupakan Kritik Terhadap Jokowi

Meski demikian Zulhas menekankan kepada semua pihak untuk di masa tenang pemilu tidak menyebarkan isu-isu yang membuat Masyarakat resah.

“Jadi saya kira, mari hari tenang ini kita jaga betul agar pemilu kita ini berlangsung dengan baik, semua kandidat sudah bicara, partai-partai juga kampanye begitu lama. Saya kira seluruh rakyat Indonesia sudah punya pilihan dan keputusan kan? kita tunggu saja gitu,” jelas dia.

“Jangan menyebarkan isu macam-macam curang lah, ini begitu lah ini begitu lah. kan jadi membuat orang resah dan sekali lagi saya mengatakan curang itu gimana caranya? Jaman kayak gini gimana? kan nggak mungkin lah ya," tandas Zulhas.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x