Kompas TV nasional rumah pemilu

Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Jadikan Sivitas Akademika sebagai Panutan

Kompas.tv - 8 Februari 2024, 23:25 WIB
sandiaga-uno-ajak-masyarakat-jadikan-sivitas-akademika-sebagai-panutan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Sandiaga Uno. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

SURABAYA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Sandiaga Uno, mengajak masyarakat untuk menjadikan sivitas akademika sebagai panutan.

Sandiaga merespons kabar yang menyebutkan sejumlah rektor perguruan tinggi diminta oleh orang yang mengaku polisi untuk membuat video apresiasi terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mari kita jadikan sivitas akademika ini sebagai panutan, keteladanan," katanya saat menghadiri kegiatan pelatihan kemasan dan digital marketing di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (8/2/2024).

Menurut Sandiaga, pemerintah seharusnya meminta saran dari para akademisi terkait pembangunan Indonesia, bukan justru meminta mereka mengikuti narasi yang sudah disusun sebelumnya.

"Bukan terbalik kita yang meminta mereka untuk mengikuti narasi kita,” tuturnya.

Baca Juga: Ahok: Saya Belum Boleh Berkampanye karena Pak Erick Enggak Mau Keluarkan Surat Berhenti

“Tapi justru mereka yang memberikan masukan bagaimana membangun ke depan," tambahnya.

Meski demikian, ia mengaku bisa memaklumi tujuan Polri dalam pembuatan video testimoni kebaikan pemerintah, yakni untuk mendinginkan suasana.

Namun, lanjut Sandiaga, hal itu harus dilakukan dengan cara yang benar.

"Tentunya para aparat yang menyatakan bahwa itu sebagai cooling down (mendinginkan suasana) kita hormati, tapi dengan cara yang benar," ujarnya.

Selama ini, lanjut Sandiaga, dirinya telah memberi masukan kepada TPN Ganjar-Mahfud agar meminta masukan dari para akademisi. 

"Saya memberikan masukan ke tim dewan pakar kepada TPN, bahwa para akademisi ini guru kita, jadi justru mereka yang harus memberikan ilmu dan wawasan kepada kita," ucapnya, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Dugaan Surat Suara Dicoblos di Malaysia: TKN Laporkan ke Bawaslu, TPN MInta Publik Tak Tergesa-gesa

Sebelumnya diberitakan, Rektor Unika Ferdinandus Hindarto mengaku diminta merekam video berisi apresiasi terhadap kinerja Presiden Jokowi.

Permintaan itu, kata dia, diajukan oleh seseorang yang mengaku polisi.

Peristiwa itu terjadi setelah banyak guru besar dan sivitas akademika yang menyampaikan kritik terhadap Jokowi jelang Pemilu 2024.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x