Kompas TV nasional politik

Anies: Forum Debat Kesempatan Sampaikan Pandangan, Setelah itu Namanya Pembentukan Opini

Kompas.tv - 4 Februari 2024, 18:53 WIB
anies-forum-debat-kesempatan-sampaikan-pandangan-setelah-itu-namanya-pembentukan-opini
Capres RI nomor urut 1, Anies Baswedan, saat melakukan kampanye akbar di GOR Haji Agus Salim, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (25/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Capres nomor urut 1, Anies Baswedan sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti debat terakhir Capres 2024. 

Anies mengaku sudah cukup istirahat dan telah membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan tema.

Dalam debat Capres terakhir ini, tema yang dibuat KPU yakni kesejahteraan sosial, pembangunan sumber daya manusia dan inklusi. 

Ada enam subtema yang diperdebatkan meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

"Insya Allah debatnya lancar, bisa menyampaikan gagasan dengan tuntas dan mudah-mudahan membantu masyarakat menetukan pilihan," ujar Anies di kediamannya sebelum berangkat ke JCC, Minggu (4/2/2024).

Baca Juga: Ganjar Sebut akan Bawa Lagi Data di Debat Pamungkas Pilpres 2024 Malam Ini

Anies menambahkan setiap debat yang diikuti semuanya sangat menyentuh kehidupan masyarakat. Ia juga menggunakan tema-tema debat untuk menggali masukan dari masyarakat saat kampanye. 

Di sisi lain tema di debat Capres terakhir ini menjadi penting, karena kesejahteraan sosial adalah hal yang selalu ditunggu oleh masyarakat. 

"Pada saat perdebatan di situlah kesempatan menyampaikan pandangan, kalau setelah perdebatan namanya pembentukan opini. Pembentukan opini itu kuat-kuatan anggaran, kalau dananya besar bisa tuh buat opini di sosial media, tapi yang seungguhnya yang terjadi ya dua jam itu," ujar Anies. 

Debat terakhir Capres 2024 dilaksanakan di JCC, Minggu (4/2/2024). Durasi debat masih sama seperti empat debat sebelumnya yakni 120 menit yang dibagi menjadi enam segmen.

Di segmen penutupan debat, saat masing-masing Capres menyampaikan pernyataan penutup atau closing statement KPU memperpanjang waktu dari sebelumnya 2 menit menjadi 4 menit. 

Baca Juga: Takut Dikasih Nilai Rendah, Prabowo Ngaku Ikut Latihan buat Persiapan Debat Capres Terakhir

Waktu 4 menit dalam closing statement sama saat Capres menyampaikan visi, misi dan program di segmen pertama atau pembukaan debat.  


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x