Kompas TV nasional rumah pemilu

Debat Capres Kelima Malam Ini, 2.992 Aparat Gabungan Disiagakan

Kompas.tv - 4 Februari 2024, 11:02 WIB
debat-capres-kelima-malam-ini-2-992-aparat-gabungan-disiagakan
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat ditemui di kawasan Mal Plaza Indonesia Jakarta Pusat, 3 Januari 2024. (Sumber: Mentari Dwi Gayati/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ribuan aparat gabungan disiapkan pihak terkait untuk mengamankan debat capres kelima Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024) malam ini. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo menyatakan bahwa akan ada 2.992 personel yang bertugas mengamankan debat capres.

Menurut keterangan Susatyo, ribuan personel gabungan itu berasal dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan instansi terkait.

“Untuk jumlah personel gabungan yang dilibatkan dalam pengamanan debat capres nanti malam berjumlah 2.992 personel,” kata Kombes Susatyo dalam keterangannya pada Minggu (4/2).

Baca Juga: PDIP Bunyikan Kentongan, Megawati: Belum Jadi Presiden Udah Pakai Uang Negara, Mau Milih kayak Gitu?

Ribuan aparat gabungan tersebut akan ditempatkan di berbagai titik yang terbagi dalam tiga lingkaran pengamanan. Susatyo pun mengaku pengamanan debat capres terakhir telah dipersiapkan sejak jauh haru.

"Kami sudah menempatkan personel di Ring 1, Ring 2 dan Ring 3. Pola pengamanan hari ini sudah kami persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Kami evaluasi pola pengamanan debat sebelumnya, sehingga pengamanan hari ini akan lebih baik,” katanya sebagaimana dikutip Kompas.com.

Adapun Ring 1 terletak di sekitar area debat, Ring 2 terletak sekitar lobi pintu masuk JCC dan Ring 3 terletak di sektor terluar, seperti pintu -pintu masuk le kawasan area GBK.

Mengenai rekayasa lalu lintas, Susatyo mengaku belum ada rencana penutupan jalan atau pengalihan arus lalu lintas. Ia menyebut rekayasa lalu lintas akan diputuskan sesuai kondisi di lapangan.

"Untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas, nanti melihat dinamika situasi di lapangan. Jika nanti menjelang kedatangan pasangan calon (paslon) dan tim suksesnya terjadi kepadatan kendaraan, maka tentunya kami akan prioritaskan kendaraan paslon," kata Susatyo.

Baca Juga: Pesan Jokowi untuk Debat Capres Terakhir: Lebih Baik Debat Visi Misi, Tidak Debat Terlalu Personal


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x