Kompas TV nasional politik

Mahfud Mundur dari Menkopolhukam, Ganjar Berharap yang Lain Bisa Mengikuti

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 18:33 WIB
mahfud-mundur-dari-menkopolhukam-ganjar-berharap-yang-lain-bisa-mengikuti
Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo usai acara kampanye akbar di Alun-Alun Wates, Kulon Progo, Minggu (28/1/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah Mahfud MD mundur dari jabatan Menkopolhukam. 

Ganjar menilai keputusan Mahfud mundur dari pemerintahan perlu dijadikan contoh bagi peserta Pemilu lainnya yang masih menjabat penyelenggara negara. 

Tujuannya supaya tidak ada konflik kepentingan peserta Pemilu dengan jabatan yang masih dipegang.

"Saya sekali lagi, hormat Pak Mahfud, Anda punya integritas yang hebat," ujar Ganjar di sela kampanye di Kabupeten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (31/1/2024).

Ganjar juga berharap langkah Mahfud mundur bisa diikuti oleh peserta Pemilu lainnya yang masih menjabat penyelenggara negara. 

Baca Juga: [FULL] Mahfud MD Resmi Umumkan Mundur dari Posisi Menko Polhukam, Bawa Surat untuk Jokowi

Harapan Ganjar ini bukan tidak hanya ditujukan ke Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang masih menjabat sebagai penyelenggara negara. Tapi bagi setiap peserta pemilu yang masih memegang jabatan di pemerintahan. 

"Termasuk siapa pun, seperti yang saya omongkan sejak awal, mereka yang punya conflict of interest, sebaiknya mundur seperti Pak Mahfud," ujar Ganjar. 

"Ini contoh yang baik dan menjadi sebuah pertanggungjawaban barang kali yang lain bisa mengikuti," sambung Ganjar. 

Mahfud MD mengumumkan mundur dari jabatan Menkopolhukam. Cawapres nomor urut 3 ini mengaku bakal menyampaikan surat pengunduran diri secara langsung ke Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

Mahfud juga telah menemuni Menteri Sekretariat Negara Pratikno untuk meminta jadwal bertemu dengan Presiden Jokowi. Pertemuan keduanya berlangsung, Senin (29/1/2024) malam. 

Baca Juga: Istana Ungkap Sikap Presiden Jokowi Usai Mahfud MD Nyatakan Mundur, Singgung Rapat Kabinet Terkini

Dari pertemuan itu, Mahfud telah dijadwalkan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi setelah pulang dari kunjungan kerja di luar kota. Jokowi dijadwalkan kembali ke Jakarta dari agenda kunjungan ke daerah-daerah pada Kamis (1/2/2024).

Mahfud menjelaskan tujuannya bertemu langsung dengan Presiden karena dia ingin mundur secara baik-baik. 

"Dulu saya diangkat secara baik, dan tidak ingin muncul kesan tinggal gelanggang colong playu," ujar Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/1/2024).


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


VOD

SPT PPh Badan | Zona Inspirasi

24 April 2024, 22:52 WIB

Close Ads x